12 Jenis Ikan Hias Air Laut Tercantik di Dunia

Salah satu alasan utama mengapa sebagian orang rela menghabiskan begitu banyak waktu, tenaga dan uang untuk menyiapkan akuarium adalah untuk menikmati ikan yang indah di rumah atau tempat kerja mereka. Hari ini, kita lebih mudah dari sebelumnya untuk memiliki spesies-spesies ikan tropis yang mempunyai keindahan paling menakjubkan di dunia di ruang tamu atau kantor.

Namun, popularitas besar dari ikan ini indah membuat beberapa dari mereka terancam di alam liar karena mereka dipanen untuk perdagangan akuarium. Untungnya, masih adanya penangkaran-penangkaran ikan hias sehingga ikan-ikan ini masih dapat dinikmati para pecinta ikan sekaligus lebih terjaga populasinya.


12. Lyretail Anthias

myreef.org

Ikan ini juga dikenal sebagai Scalefin, Ikan Emas dan Lyretail Coralfish. Ikan laut yang cantik ini akan sedikit sulit untuk dipelihara karena memerlukan makanan hidup atau beku. Ikan ini tersebar di berbagai tempat; mereka telah ditemukan di Laut Merah, Samudera Hindia, Teluk Persia dan Pasifik. Mereka biasanya hidup di terumbu karang di laut lepas. Dan seperti spesies lain dari ikan akuarium, mereka terkadang dapat merubah kelamin mereka sendiri.

11. Anglefish Prancis

grafphoto.com

Meskipun pada namanya disebutkan secara khusus negara Prancis, namun sebenarnya ikan ini dapat ditemukan di seluruh samudera Atlantik. Ikan ini dapat tumbuh hingga mencapai panjang 41 cm sehingga termasuk diantara ikan akuarium terbesar.

Tidak seperti ikan akuarium lainnya, ikan ini dianggap baik untuk dikonsumsi dan kadang-kadang dijual di pasar ikan. Ikan ini juga dapat dibesarkan di penangkaran pribadi.

10. Gurami Mini

wikipedia.org

Ikan yang indah ini awalnya ditemukan di anak benua Hindia. Tapi, karena popularitas dan sedapnya daging ikan ini, kita sekarang sudah bisa dijumpai ikan jenis ini hampir di seluruh belahan dunia. Ini adalah salah satu ikan akuarium paling mudah untuk dikembang biak-kan dan enak untuk dijadikan santapan.

Gurami Mini ini mempunyai berbagai jenis dan warna, termasuk biru dan merah, sehingga keindahan warna ini menambah popularitas mereka di sisi kolektor ikan hias.

9. Anglefish Muka Biru

enkivillage.com

Terkadang disebut sebagai Angelfish Muka Kuning, ikan ini sedikit unik karena wajahnya lebih cerah daripada bagian tubuhnya. Di alam liar, ikan ini tersebar di berbagai tempat; ikan ini dapat ditemukan di seluruh Samudera Hindia, Indonesia, Australia, Mikronesia dan sepanjang laut utara Jepang. Di alam liar, ikan ini sering hidup di gua-gua dan laguna.

8. Ikan Kardinal Banggai

Ikan hias yang berasal dari Indonesia kepulauan Banggai

reefthreads.com

Ikan cantik ini berasal dari Kepulauan Banggai, Indonesia. Ikan Banggai adalah salah satu ikan akuarium paling populer dan salah satu dari beberapa ikan laut yang sekarang secara teratur dibesarkan di penangkaran. Ini adalah ikan yang terancam punah di alam liar karena penangkapan yang berlebihan.

Dalam proses perkembangbiakkannya, Ikan Banggai sedikit berbeda dari keumuman ikan-ikan lain. Ikan-ikan yang lain biasanya, dalam proses perkembangbiakkan, adalah betina yang bertelur, jantan yang menjaga. Namun untuk Ikan Banggai ini, jantan maupun betina saling bergantian mengurus telur-telurnya.

7. Ikan Badut

Ikan hias ini terancam punah karena perburuan yang berlebihan

enkivillage.com

Ikan Badut adalah salah satu spesies akuarium paling populer dan juga dianggap sebagai salah satu ikan yang paling indah di dunia; hingga 43% dari ikan hias laut yang dijual adalah Ikan Badut. Sekitar 25% dari ikan jenis ini yang ada di dunia dibesarkan melalui penangkaran.

Ikan Badut memiliki gen yang sangat tidak biasa dan jenis kelamin mereka benar-benar dapat beralih antara pria dan wanita. Mereka juga membentuk koloni dalam merawat anak-anak mereka.Para pejantannya benar-benar menjaga telur, yang apabila mereka hidup di alam liar, telur-telur Ikan Badut akan diletakkan pada anemon laut, sejenis karang yang ber-simbiosis mutualisme dengan ikan.

 6. Ikan Kakaktua

fineartamerica.com

Sebenarnya ada sekitar 90 spesies ikan yang berbeda disebut Ikan ‘Kakaktua’ ini. Asal-usul nama ikan ini adalah dari paruh berbentuk seperti kait.

Ikan Kakatua mempunyai nafsu makan yang sangat besar, jika anda tidak dapat menyediakan makanan untuknya, disarankan untuk tidak usah memeliharanya.

Ikan Kakatua dianggap penting untuk kelangsungan hidup terumbu karang karena mereka makan rumput laut dan hama lainnya yang dapat merusak terumbu karang. Pencinta lingkungan menyarankan agar ikan ini dilindungi untuk menjaga terumbu karang.

5. Tang Biru

ikan

redseamaxreef.com

Juga disebut surgeonfish palet atau tang mewah, ikan berwarna cerah ini dipopulerkan oleh film Finding Nemo, yang menampilkan satu sebagai karakter. Seperti banyak ikan akuarium lainnya, mereka ditemukan di terumbu seluruh Pasifik Timur. Meskipun popularitasnya besar, Namun ia adalah ikan yang sangat rapuh dan sangat rentan terhadap infeksi.

4. Flame Angel

flame angel jenis ikan hias air asin

imgur.com

Sangat mudah untuk melihat mengapa ikan ini, yang juga dikenal sebagai Flaming Angelfish dan Jepang Pygmy Angelfish, mendapat namanya. Ini adalah salah satu ikan berwarna paling terang yang ada. Ikan laut ini berasal dari terumbu Samudera Pasifik dan dapat ditemukan sepanjang laut barat Hawaii. Flame Angle adalah ikan akuarium yang mudah perawatannya karena mereka makan hampir semua makanan.

3. Moorish

sanvarfotofun.wordpress.com

Sebagai salah satu ikan yang paling khas dan indah, Moorish Idol adalah satu-satunya anggota keluarga ikan Zanclidae yang masih hidup dari zaman prasejarah. Meskipun cantik, namun Moorish Idol tidak cocok dipelihara di akuarium karena mempunyai rentang usia yang pendek.

Ikan mendapatkan namanya dari orang-orang Moor di Afrika, yang percaya ikan itu adalah jimat keberuntungan.

2. Discus

ikan discus fish adalah ikan air tawar paling cantik di dunia

devianart.net

Ikan Discus adalah jenis ikan hias tercantik dari sungai Amazon. Ikan ini adalah salah satu spesies yang paling populer dari ikan hias air tawar.

Discus ini mempunyai warna yang sangat beragam. Semakin cantik warnanya, harganya pun bisa menjadi sangat mahal. Mulai dari Rp 500.000-an sampai sekitar Rp 8 Juta per-ikan-nya. Wow.

Karena mereka adalah ikan air tawar, biaya merawat ikan ini lumayan besar. Discus juga dikenal sebagai Pompadour Fish karena ikan hias ini adalah kesukaan Raja Perancis Louis XV, Madame Pompadour.

1. Mandarinfish

smallshipafaris.com

Juga dikenal sebagai Naga Cina, ikan ini berasal dari Samudera Pasifik Tenggara di utara Australia.

Ini adalah salah satu spesies ikan yang paling indah dengan bulu dan warna cerah. Mandarinfish sedikit sulit untuk dipelihara di akuarium karena mereka hanya makan makanan hidup.

Daya tahan tubuh Mandarinfish cukup kuat terhadap beberapa penyakit umum yang biasa menerpa ikan lain.

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>