5 Objek Wisata Kabupaten Jombang yang Paling Banyak Dikunjungi

sumber gambar: beritajombang.net

Apa yang terlintas di benak anda ketika mendengar kata ‘Jombang’? Kyai dan santri? Apabila demikian yang ada di benak anda, maka saya tidak heran karena memang dari kabupaten inilah banyak terlahir kyai-kyai yang kemudian mendirikan pondok pesantren sehingga tidak sedikit pula santri dari berbagai daerah di Indonesia yang belajar di kabupaten Jombang.

Namun, pada pembahasan kali ini saya tidak membahas mengenai sisi religi dari kabupaten ini, melainkan saya akan berbagi tentang objek-objek wisata yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Kabupaten yang memiliki motto “Jombang Beriman” ini bisa dibilang memiliki posisi yang strategis karena berada di tengah-tengah propinsi Jawa Timur. Posisi yang strategis ini didukung dengan infrastruktur yang memadai dari pemerintah propinsi Jawa Timur sehingga jalan-jalan yang ada di kabupaten Jombang bisa dibilang cukup baik dibandingkan dengan daerah-daerah di sekitarnya. Dengan infrastruktur yang baik ini, tidak salah apabila anda menjadikan kabupaten Jombang sebagai sasaran destinasi wisata selanjutnya.

Di kabupaten Jombang sendiri, ada banyak lokasi wisata yang bisa dikunjungi, namun kali ini saya hanya akan menuliskan 5 lokasi yang paling banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Simak baik-baik apa saja yang membuat 5 lokasi ini hampir tidak pernah sepi setiap liburannya.

5. Air Terjun Tretes

wisata jombang air terjun tretes

sumber gambar: beritajombang.net

Air Terjun Tretes merupakan salah satu objek wisata alam dari kabupaten Jombang yang masih terjaga keasliannya. Walaupun begitu, namun pemerintah kabupaten Jombang telah menyediakan fasilitas yang cukup lengkap di kawasan Air Terjun Tretes ini. Air terjun yang disebut-sebut sebagai air terjun tertinggi di Jawa Timur ini memang memiliki keindahan yang sangat memikat.

Objek wisata ini terletak di kawasan Taman Hutan Raya Raden Soeryo yang terdapat di Gunung Jurug Guah.

4. Candi Rimbi

wisata jombang candi rimbi

sumber gambar: kartuwayang.wordpress.com

Candi ini merupakan salah satu peninggalan dari kerajaan Majapahit. Menurut cerita rakyat, dulunya ia merupakan pintu gerbang selatan dari Kerajaan Majapahit. Selain sebagai objek wisata, lokasi ini juga sangat cocok untuk mempelajari sedikit sejarah karena di sini juga ada objek sejarah lainnya seperti makan Sayyid Sulaiman yang berada di desa sebelahnya, yaitu desa Betek.

Candi Rimbi terletak di desa Pulosari, kecamatan Bareng, kabupaten Jombang.

3. Goa Sriti

goa sriti wisata jombang

sumber gambar: ardiesrespectour.blogspot.com

Kembali ke objek wisata alam lagi, Goa Sriti merupakan tempat wisata yang menurut para pecinta alam masih terasa nuansa alaminya. Perjalanan ke Goa Sriti harus ditempuh dengan jalan kaki dari pintu gerbang pertama. Akan tetapi, perjalanan anda akan selalu ditemani dengan pemandangan alam yang masih sangat asri.

Pemerintah kabupaten Jombang belum memberikan penerangan yang memadai untuk di dalam goa. Tapi menurut para pecinta alam justru itulah yang membuat menarik karena masih bisa merasakan sensasi bertualang yang sebenarnya.

2. Pemandian Sumberboto

wisata jombang sumberboto

sumber gambar: wanawisataperhutani.blogspot.com

Pemandian Sumberboto terletak di desa Sumberboto, sekitar 7 kilometer dari arah kecamatan Mojoagung. Konon, pemandian alami ini merupakan saksi bisu sejarah Kerajaan Majapahit.

Namun dengan perkembangannya, tempat ini sekarang dijadikan objek wisata kolam renang dengan mata air asli dari pegunungan. Hampir setiap hari lokasi ini selalu didatangi oleh pengunjung dari dalam maupun luar kabupaten.

1. Makam Gus Dur

makam gus dur

jejakaldoluthfan.blogspot.com

Makam Gus Dur merupakan tempat yang paling banyak dikunjungi yang ada di Jombang. Tempat ini tidak pernah sepi dari orang-orang yang menziarahi dan mendoakan presiden ke-empat republik ini.
Di komplek pemakaman beliau juga terdapat makam ayahanda dan kakek beliau, KH Wahid Hasyim dan KH Hasyim Asy’ari. Makam mereka terletak di komplek pesantren Tebuireng, desa Cukir, kecamatan Diwek.

Mari kita berdoa untuk beliau, ayah serta kakeknya agar diampuni dosa-dosanya dan diterima segala amal sholehnya. Aamiin.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>