7 Jenis Ular Terbesar di Dunia yang Pernah Ditemukan

Nettik.net – Ular merupakan salah satu reptil yang cukup akrab di telinga manusia, bahkan banyak dari pencinta reptil yang memeliharanya. Dari jenis ular yang tidak berbisa, berbisa hingga yang cukup berbahaya dari segi lilitannya, seperti anakonda atau phyton.

Pada jenis ular terakhir yang disebutkan tersebut, umumnya memiliki ukuran serta bobot yang jauh lebih besar dibanding jenis-jenis ular yang lainnya. Bagaimana tidak, diantara mereka ada yang beratnya belasan hingga puluhan meter dengan berat bisa mencapai beberapa ton.

Hanya saja memang sebagai hukum alam, jenis ular dengan ukuran raksasa tersebut diciptakan Tuhan jauh dari pemukiman manusia. Sehingga, mereka tidak akan mengganggu manusia kecuali manusia sendiri yang mendatangi mereka di habitatnya.

Beberapa kejadian besar seputar munculnya ular-ular raksasa ini ada yang sempat tertangkap kamera. Tentu saja kejadian semacam ini bukanlah kejadian yang bisa setiap hari kita saksikan. Kemunculan ular-ular raksasa ini adalah akibat kelakuan manusia sendiri yang melakukan penjelajahan ke dalam hutan belantara.

Kasus terakhir yang ada di Indonesia adalah tewasnya seorang petani yang meninggal karena dilahap oleh ular phyton. Tentu saja kita turut berduka dan semoga kita semua bisa mengambil pelajaran dari kejadian tersebut.

7 Ular Terbesar di Dunia yang Pernah Ditemukan

Berikut ini ada 7 penjelasan dari ular-ular terbesar di dunia yang pernah diketahui dalam sejarah manusia hingga saat ini. Check this out.

Titanoba (Boa Titan)

titanoboa ular terbesar
ilmusiana

Banyak orang yang salah sangka, sehingga mengira bahwa jenis ular terbesar di dunia adalah anakonda. Memang, anakonda adalah ular yang begitu besar, namun pemegang rekor sebagai raja reptil di dunia saat ini masih dipegang oleh ular jenis Boa Titan.

Titanoba atau Boa Titan ini adalah jenis ular yang telah hidup sejak zaman Dinosaurus. Rata-rata panjang dari Titanoba adalah 14-15 meter dengan berat mencapai 1 ton. Dengan ukuran sepanjang itu, ditambah dengan diameternya yang mencapai 2 pinggul orang dewasa, tentu saja Titanoba dapat dengan mudah membunuh manusia.

Adapun habitat tempat ia hidup adalah di hutan pedalaman Kolombia bagian utara. Di sanalah para ahli pertama kali menemukan fosilnya pada tahun 2009. Dengan ditemukannya fosil nyata dari raksasa ini, membuktikan bahwa ia bukanlah sekedar mitos semata.

Ular jenis Boa Titan berhasil selamat dari dahsyatnya meteor yang berhasil memusnahkan seluruh dinosaurus. Setidaknya hingga 10 juta tahun kemudian, ia masih eksis di dunia. Saat ini, kita pun dapat melihat ular jenis ini di Grand Central New York, hanya saja dalam bentuk replika.

Anakonda

ular anaconda mengerikan
ilmusiana

Kalau kamu lahir pada tahun 1980an sampai 90an akhir, biasanya kamu masih menjumpai satu film yang membahas tentang ular jenis ini. Anaconda (Bahasa Inggris). Film tersebut menceritakan tentang penemuan ular raksasa urutan pertama yang masih hidup di zaman kita ini.

Jenis ular Anakonda terbagi menjadi dua, yaitu Anakonda Kuning dan Hijau. Ular Anakonda habitat aslinya adalah di hutan belantara daerah Amazon, Brazil. Rata-rata panjang Anakonda dewasa mencapai 15 meter, alias setara dengan 3 mobil dengan bobot mencapai 200-300 kilogram.

Dengan ukuran sebesar itu, jangankan manusia, bahkan untuk meremukkan buaya ataupun kerbau, ia dapat melakukannya tanpa susah payah. Hanya saja, kamu tidak perlu khawatir, karena pada umumnya Anakonda yang ada di kebun binatang sudah jinak.

Phyton Guihua

ular terbesar di dunia
ilmusiana

Ular terbesar di dunia juga pernah ditemukan di pulau Sumatera, yakni ular Phyton jenis Guihua. Ular raksasa ini ditangkap oleh warga setempat pada tahun 2002 lalu. Ular ini tidak kalah besarnya dengan ular-ular yang kami sebutkan di atas. Dengan panjang tubuh lebih dari 14 meter dan bobotnya sekitar 400 kg, ular ini layak dikategorikan sebagai ular raksasa.

Anakonda Abuna

anaconda terbesar di dunia
ilmusiana

Sungai Abuna adalah nama salah satu sungai di Brazil yang menyimpan salah satu jenis ular terbesar di dunia di dalamnya. Hutan-hutan dan sungai di Brazil memang dikenal sebagai tempat bagi hewan-hewan langka, raksasa dan mematikan.

Sebelum penemuan Anakonda ini, telah banyak laporan dari masyarakat setempat soal kemunculan dan ancaman ular ini terhadap manusia. Bagaimana tidak meresahkan, ular yang memiliki panjang 13 meter dan berat lebih dari 150 kilogram ini sering melintasi sungai di dekat tempat tinggal warga.

Tidak jarang, reptil raksasa ini menyerang kapal-kapal yang sedang berlabuh di sungai Abuna. Oleh sebab itu, ia dimasukkan sebagai salah satu ular raksasa yang ganas dan mendapat perhatian serta kehati-hatian lebih saat melaksanakan ekspedisi penangkapannya.

Ular Raksasa Kongo

ular tertangkap kamera
ilmusiana

Reptil ini raksasa ini pertama kali terlihat di negara Kongo beberapa tahun syang lalu. Ketika itu, seorang kameramen berhasil menangkap wujudnya dengan menggunakan kamera sederhana dari atas helikopter.

Diperkirakan, panjang ular ini adalah sekitar 16 meter. Ular ini terkenal agresif, terbukti ketika helikopter mencoba berkeliling di atasnya, ular ini sempat beberapa kali berusaha menyerang. Foto dibawah ini diambil dari udara memperlihatkan penampakan ular tersebut:

Phyton Filipina

ular phyton yang ada di filipina
ilmusiana

Ular terbesar di dunia selanjutnya pernah ditemukan di Filipina. Ular berjenis Phyton ini banyak hidup di dalam hutan hujan tempat suku Agta Filipina bermukim. Reptil raksasa ini mendapat perhatian khusus dari seorang Ilmuwan internasional, Thomas Headland.

Dari rangkaian penelitian yang pernah dilakukan, ditemukan fakta yang mengerikan bahwa telah banyak dari anggota-anggota suku Agta yang sudah menjadi korban keganasan ular ini. Suku itu sendiri telah melakukan serangkaian penangkapan terhadap ular Phyton tersebut.

Ular Boa China

ular terbesar di cina
ilmusiana

Ular terbesar di dunia selanjutnya datang dari Jiangxi, China. Ular berjenis Boa ini secara tidak sengaja ditemukan oleh pekerja yang sedang membangun jalan baru di sekitar hutan. Kehadiran pekerja dan bisingnya alat berat sepertinya mengusik ketenangan ular tersebut. Dengan tubuh raksasa, ular tersebut tiba-tiba saja menampakkan dirinya mengejutkan para pekerja. Salah seorang pekerja sempat mengabadikan momen kehadiran ular Boa tersebut lewat sebuah foto.

Tinggalkan komentar