Tirulah Kesuksesan 8 Orang Terkaya di Indonesia Ini

tokopedia.com

Daftar Orang Terkaya di Indonesia

Majalah Forbes merilis daftar terbaru mengenai orang-orang terkaya di Indonesia tahun 2015. Tidak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, wajah-wajah lama masih mendominasi daftar bergengsi ini. Berikut ini adalah daftar 8 orang terkaya di Indonesia.

8. Boenjamin Setiawan

orang terkaya nomor delapan di indonesia

cnbc.com

Boenjamin adalah seorang dokter yang menggeluti bisnis farmasi. Melalui bisnis ini, ia berhasil mengantongi kekayaan sebesar US$ 3 miliar. Selain membuat pabrik obat Kalbe Farma, pria yang sekarang berusia 82 tahun ini juga sedang mengembangkan rumah sakit Mitra Keluarga.

Dengan pengalaman bisnisnya yang sudah amat banyak, rumah sakit Mitra Keluarga yang baru muncul di permukaan pada bulan Maret lalu telah mengantongi omzet lebih dari US$ 340 juta. Untuk ke depannya, ia berencana membuat 7 bangunan rumah sakit baru dalam kurun waktu 5 tahun mendatang di kota-kota besar di Indonesia.

7. Bachtiar Karim

orang terkaya nomor tujuh di indonesia

therichestimages.com

Pengusaha asal medan ini, menurut Forbes, ditaksir memiliki harta kekayaan senilai lebih dari US$ 3,3 miliar yang berasal dari perusahaan manufaktur dan produksi Crude Palm Oil (CPO) miliknya. Perusahaan miliknya, Karum Musim Mas, merupakan perusahaan produsen minyak sawit terbesar yang ada di Indonesia.

Di awal tahun 2015 yang lalu, perusahaan ini telah menandatangani perjanjian kerjasama dengan perusahaan sejenis dari Malaysia, Genting Plantation, guna membangun pabrik pemurnian minyak sawit di Sabah senilai US$ 82 juta.

6. Sri Prakash Lohia

orang terkaya nomor enam di indonesia

alux.com

Pengusaha lulusan jurusan seni Universitas Delhi ini tercatat memiliki kekayaan hingga US$ 4,7 miliar. Kekayaannya ini bersumber dari bisnis bahan kimia polyster miliknya. Sekarang, pengusaha berusia 63 tahun ini tinggal dan menetap di Inggris.

Perusahaan petrokomia Indorama yang diwariskan oleh ayahnya ini saat ini dijalankan oleh putranya, Amit. Amit saat ini menjadi direktur dan memimpin proyek-proyek terbaru, termasuk memimpin perkembangan bisnis Indorama di Afrika dengan investasi hingga US$ 2 miliar.

5. Chairul Tanjung

orang terkaya nomor 5 di indonesia

akumenyenangkan.blogspot.com

Chairul Tanjung memiliki gurita bisnis CT Corp yang menjalankan bisnis hampir dalam setiap bidang, seperti perbankan, media, gaya hidup, perkebunan hingga hiburan. Pria lulusan FK UI berusia 53 ini juga memiliki bisnis ritel pakaian, yaitu Trans Fashion (TF) yang saat ini sudah memiliki lebih dari 100 toko butik yang tersebar di seluruh Indonesia.

4. Eka Tjipta Widjaja

orang terkaya nomor 4 di indonesia

scmp.com

3. Anthoni Salim

orang terkaya nomor 3 di indonesia

wsj.net

Sosok yang menjadi pimpinan dari Salim Group ini tercatat memiliki kekayaan hingga US$ 5,4 miliar di usianya yang baru menginjak 66 tahun. Sosok Anthoni Salim dikenal selalu memiliki kesibukan dengan bisnis-bisnis barunya.

Yang terbaru, Salim Group membeli lebih dari 30% saham kepemilikan pabrik gula Filipino Roxas. Selain itu, ia juga mengambil alih sebuah perusahaan makanan di Australia dan Selandia Baru senilai lebih dari US$ 1 miliar. Ia memiliki pohon bisnis yang menguasai sektor telekomunikasi, properti, perbankan dan retail.

2. Susilo Wonowidjojo

orang terkaya nomor 2 di indonesia

intelijen.co.id

Susilo merupakan sosok yang tidak asing bagi para perokok. Ya, dia merupakan aktor besar di balik perusahaan rokok Gudang Garam. Beberapa bulan terakhir, perusahaannya ini mengalami guncangan hebat, mulai dari tembakau yang gagal panen hingga peraturan terbaru dari pemerintah yang cukup memberatkan bagi perusahaannya itu.

Namun, meskipun diterpa dengan badai ujian tersebut, tidak membuat namanya tergeser dari orang paling tajir di negeri ini nomor dua, dengan jumlah kekayaannya yang mencapai US$ 5,5 miliar.

1. Budi Hartono dan Keluarga

orang terkaya nomor 1 di indonesia

tribunnews.com

Pria yang sekarang berusia 65 tahun ini masih kukuh berada dalam urutan pertama orang terkaya di Indonesia selama 7 tahun berturut-turut. Walaupun BCA miliknya baru saja kehilangan kapitalisasi pasar hingga melebihi US$ 1 miliar, namun orang terkaya nomor satu di Indonesia ini memiliki tetap kokoh dengan kekayaan mencapai US$ 15,4 miliar.

Keberuntungan keluarga ini berasal dari usaha tembakau yang diwarisi ayah Hartono lebih dari satu setengah abad lalu. Saat ini, kakak laki-lakinya lah yang mengambil alih perusahaan rokok terbesar tersebut. Perusahaan tersebut tidak lain ialah perusahaan rokok kretek Djarum.

Saat ini, Victor, anak tertua Budi, menjabat sebagai Direktur Operasional Djarum. Sedangkan, anak laki-laki Budi lainnya, yaitu Michael, berinvestasi di bisnis start up online, sebuah situs fans klub internasional.

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>