13 Trik Sederhana Agar Belajarmu Menjadi Lebih Efektif dan Berwarna

Belajar di Alam Terbuka adimassatriyo.wordpress.com

Kebanyakan dari kita sangat membenci yang namanya “ujian”, betul? Alasan mengapa banyak yang kesal dengan kegiatan tersebut adalah lantaran waktu belajar harus ditambah. Dengan kata lain, ia harus mengurangi atau bahkan menghilangkan waktu untuk “senang-senang” seperti di hari biasa.

Parahnya, sudah pun belajar susah-susah, tapi ternyata ketika ujian, hal-hal yang kita pelajari itu hilang dari ingatan. Pasti yang kayak gini bikin gregetan. Nah, untuk mengantisipasi hal itu terjadi menimpa kita, kita perlu mengetahui trik-trik belajar yang efektif. Tidak memakan banyak waktu, menyenangkan dan tentunya awet di otak.

Trik-trik ini masih jarang diketahui oleh orang banyak. Atau, kalaupun mereka sudah tahu, jarang yang mau menerapkannya dalam kegiatan belajarnya.

Simak dengan baik trik-trik rahasia supaya belajar menjadi lebih efektif di bawah ini. Mari kita mulai.

1. Fakta Sains: Mengunyah Permen Karet Meningkatkan Daya Konsentrasi

mengunyah permen karet membantu efektifitas belajar

gentside.com

Mengunyah permen karet saat menjalani suatu aktivitas terbukti membantu meningkatkan konsentrasi kita dalam aktivitas tersebut. Bukan hanya belajar, tapi semua aktivitas. Maka, tidak heran apabila seorang pelatih melegenda, Alex Ferguson, hampir tidak pernah tidak terlihat sedang mengunyah permen karet saat mendampingi Manchester United bertanding.

2. Belajar di Komputer? Gunakan Font Ini Agar Proses Belajar Lebih Cepat

font times new roman supaya belajar lebih efektif

buzzfeed.com

Belajar tentu saja tidak melulu di depan buku, bukan? Apalagi di zaman serba digital seperti ini, alat-alat elektronik merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kita. Salah satunya komputer atau laptop.

Setiap huruf yang ada di layar pasti memiliki font. Namun, sudah tahukah kamu bahwa memakai font Times New Roman akan sangat membantumu membaca lebih cepat? Fakta ini telah dibuktikan oleh banyak orang.

3. Berilah Hadiah untuk Dirimu Sendiri Ketika Berhasil Menuntaskan Satu Bab Pelajaran

berilah hadiah dirimu sendiri supaya semangat belajar

buzzfeed.com

Motivasi untuk terus belajar tidak boleh dipandang enteng, kamu akan selalu membutuhkan motivasi apabila ingin berhasil. Cari-carilah motivasi untuk memacu dirimu sendiri agar lebih giat belajar, walaupun dengan hal-hal yang ‘remeh’.

4. Pakailah Parfum yang Masih Asing Bagimu agar Kamu Lebih Segar saat Belajar

parfum unik untuk belajar

buzzfeed.com

Siapa sangka, aroma saat belajar ternyata memiliki peran terhadap efektifitas belajarmu. Penelitian ilmiahnya belum diketahui, akan tetapi, kira-kira parfum akan berguna sebagai mood-booster bagimu saat bosan belajar.

Saat belajar, menggunakan parfum favorit justru kurang baik. Ini karena nantinya ia justru akan semakin membuatmu merasa bosan lantaran, “itu lagi, itu lagi”. Barangkali, kamu bisa saling tukar-menukar parfum dengan kawanmu, khusus saat belajar saja.

5. Stabilo Akan Menjadi Kawanmu, Pastikan Kamu Tahu Cara Menggunakannya

Stabilo untuk Efektifitas Belajar

officesupplygeek.com

Teknik menggunakan “Stabilo” agar benar-benar efektif bukanlah hal yang sembarangan. Saat belajar, minimal kamu menyiapkan 3 penanda dengan warna yang berbeda. 3 warna ini nantinya memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Gunakan warna pertama sebagai penanda judul bab yang kira-kira akan keluar saat ujian. Warna lainnya untuk sub-bab dan satu warna sisanya untuk menandai kalimat-kalimat inti di dalam pembahasan bab.

6. Untuk Lebih Mudah Mengingat Inti Pelajaran, Cobalah Buat Mind-Mapping Sendiri

belajar membuat mind mapping

mode2design.com

Mind-mapping merupakan bentuk visual dari hal-hal penting yang sudah kamu tandai dengan “Stabilo”. Dengan membuat mind-mapping, kamu akan lebih mudah untuk mengingatnya, apalagi kalau kamu memiliki basic otak kanan.

7. Riset Membuktikan, Olahraga Dapat Menguatkan Otak. Biasakan Olahraga Ringan Sebelum Memulai Belajar

olahraga ringan sebelum belajar

l-men.com

Hal ini seringkali disepelekan oleh sebagian orang. Memang, tanpa olahraga pun orang sudah mampu belajar dengan baik. Akan tetapi, apabila diawali dengan olahraga ringan, belajar akan terasa lebih menyenangkan dan otak terasa begitu segar sehingga belajar bisa menjadi lebih efektif.

8. Tempat Belajar Cukup Berpengaruh terhadap Mood, Sesekali Cobalah Tempat Belajar yang Baru agar Pikiran Tidak Suntuk

Belajar di Alam Terbuka

adimassatriyo.wordpress.com

Bosan belajar di kamar atau perpustakaan? Cobalah bawa bukumu ke taman atau kafe sederhana dan belajar di sana. Sesekali memang perlu untuk merasakan suasana baru saat belajar. Cara ini terbukti membuat pelajaran lebih mudah masuk ke otak.

9. Semangat Belajar Boleh, Tapi Kurang Tidur Juga Dapat Mengurangi Daya Ingat Seseorang

tepat waktu untuk tidur

buzzfeed.com

Hindari rumus belajar SKS alias Sistem Kebut Semalam. Pangkaslah waktu belajarmu dengan cara-cara yang sudah disebutkan di atas dan pastikan jadwal tidurmu tidak terlalu larut. Ingat, otak dan tubuh juga butuh istirahat.

10. Otak Juga Perlu Istirahat, Buat Jadwal Istirahat Setiap 20-30 Menit Sekali

kucing tidur

pixabay.com

Pastikan setiap 20 atau 30 menit sekali kamu beristirahat selama 5-10 menit. Walaupun hanya sebentar, cara belajar seperti ini akan memiliki efektifitas yang cukup mencolok. Kamu bisa mengisi 5 menit tersebut dengan mengecek chat yang barangkali belum sempat dibaca atau mungkin mengistirahatkan mata sejenak.

11. Fakta Unik: Sesuatu Lebih Kuat di Ingatan Apabila Dibaca atau Didengar dengan Suara Keras

berteriak saat belajar

buzzfeed.com

Dengan catatan, jangan menggunakan metode saat kamu sedang belajar di kelas, perpustakaan atau tempat-tempat umum lainnya, hehe.

12. Bila Belajar di Internet, BLOKIR Situs-situs yang Bisa Mengganggu Konsentrasi Belajar

blokir facebook saat belajar

thenextweb.com

Apabila kamu belajar dengan buku, itu artinya kamu juga perlu menyimpan gadget-mu terlebih dahulu dan baru membukanya setelah 20 atau 30 menit belajar. Jangan sampai tergoda membuka pemberitahuan dari sosial media walaupun hanya satu saja. Rawan keterusan!

13. Kalau Mau Sambil Mendengarkan Musik, Pilihlah Musik yang Masih Asing Bagimu. Karena Mendengarkan Musik Favorit Berakibat Berkurangnya Konsentrasi Belajar

musik belajar

ebay.com

Mengetahui lirik dan intonasi lagu pasti akan membuatmu malah fokus kepada lagu. Kalau ingin sambil ditemani musik, lebih baik pilih yang tanpa lirik atau dengan musik-musik hits terbaru yang belum pernah kamu dengar sebelumnya.

You Might Also Like

2 Comments

  1. 1

    Waktu sekolah dulu seringnya belajar sistem kebut semalam hihi 🙂

  2. 2

    Medote yg tepat

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>