Misteri di Balik Keindahan Jembatan Suramadu

Jembatan Nasional Suramadu (singkatan dari Surabaya-Madura) yang menghubungkan antara pulau Jawa dan Madura semakin memudahkan kita yang berada di Jawa untuk berkunjung ke pulau Madura tanpa harus menaiki kapal penyeberangan. Selain digunakan sebagai jembatan penyeberangan, dengan keindahan struktur jembatannya, Jembatan Suramadu juga dijadikan sebagai salah satu objek wisata baru di Surabaya dan Madura.

Kami punya beberapa informasi keren tentang Jembatan Suramadu ini yang belum banyak diketahui orang Indonesia. Bahkan, mungkin orang Surabaya atau Madura sendiri belum tahu tentang fakta-fakta ini. Buat orang Surabaya-Madura dan khususnya buat kamu-kamu yang mau menyeberang melewati jembatan ini, kamu harus baca fakta-fakta ini.

1. Jembatan Terpanjang di Indonesia

wikimedia.org
pemandangan jembatan suramadu di siang hari
wikimedia.org
ritacandrasari.blogspot.com

Posisi jembatan terpanjang di Indonesia yang sebelumnya dijabat oleh Jembatan Posopati berhasil direbut Jembatan Suramadu dengan panjang dua kali lipat dari jembatan yang berada di Bandung itu. Dengan panjang 5.438 m, jembatan ini menjadi jembatan terpanjang yang ada di Indonesia untuk saat ini.

2. Sejarah Pembuatan Jembatan Suramadu

gambar pembangunan jembatan suramadu
Pembangunan bagian tengah Suramadu | mujibanwar.wordpress.com

Ide pembangunan jembatan ini diprakarsai oleh presiden kelima Indonesia, Ibu Megawati Soekarno Putri. Maka yang melakukan seremoni peresmian mulainya pembangunan jembatan ini pada tahun 2003 juga beliau.

Jembatan ini dibuat untuk meningkatkan proses pembangunan, baik dari infrastruktur maupun ekonomi di Madura, karena setelah dievaluasi, kabupaten/kota di Madura sedikit tertinggal dari kabupaten/kota yang ada di pulau Jawa.

Artikel Terkait: Mengapa Pulau Madura Termasuk Jawa Timur?

Setelah melewati masa pembangunan selama kurang lebih 6 tahun, pada tanggal 10 Juni 2009 jembatan ini diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Oh iya, total biaya yang dikeluarkan Negara untuk pembangunan ini mencapai angka 4,5 Triliyun. Fantastis! (sumber: Wikipedia)

3. Biaya Masuk

biaya pembayaran tol suramadu
Gerbang Tol Jembatan Suramadu | kaskus.co.id

Jembatan Suramadu sebenarnya adalah sebuah jalan tol dengan sedikit perbedaan, yaitu diperbolehkannya kendaraan roda 2 dan sejenisnya untuk melalui jembatan ini.

Sebagaimana jalan tol pada umumnya, jembatan ini pun mempunyai tarif apabila anda ingin melaluinya. Biaya masuk Jembatan Suramadu terbagi menjadi 4 golongan, yaitu:

  1. Sepeda Motor: Gratis.
  2. Golongan I: Rp30.000,00.
  3. Golongan II: Rp45.000,00.
  4. Golongan III: Rp60.000,00.

4. Rumor Misteri Dibalik Proses Pembangunan Suramadu

misteri di jembatan suramadu
Pembangunan Jembatan Suramadu | iwandahnial.wordpress.com

Kisah ini dituturkan oleh pemuda bernama Evan di Facebook miliknya. Ia mengaku berhasil mendapatkan cerita ini dari seorang tetangga-nya yang turut bekerja pada proyek pembangunan Jembatan Suramadu sebagai teknisi listrik. Mari kita simak kisahnya berikut ini.


Pada waktu pembangunan Jembatan Suramadu, terdapat sebagian pekerja dari orang dari Negeri Ginseng (Korea). Agan tau sendiri ‘kan kalau kerja orang sana lebih serius dan punya stamina yg lebih daripada orang kita. Mungkin karena minum ginseng itu tadi. Hampir semua proyek pembangunan berskala besar memakai jasa orang Korea, seperti pembangunan PLTU Pacitan yg kini sedang dibangun juga.

Kembali ke Suramadu.

Nah, yang mungkin tidak diketahui orang-orang umum, orang Korea yang dipekerjakan di Suramadu sebenarnya adalah para narapidana yang hukumannya diatas 15 tahun dan sudah menjalani hukuman sekitar 10 tahun. Mereka dijanjikan bebas oleh pemerintah mereka setelah pembangunan jembatan selesai. Tentu saja mereka bersedia dan senang dengan tawaran tersebut.

Mungkin agan tanya, selama sekian waktu pembangunan jembatan, dimana mereka tinggal? Ternyata mereka diberi tempat tingal di ruangan yang ada di dalam tiang pancang utama Jembatan. Jadi sebelum dibeton, rangka tiang pancang itulah yang menjadi tempat tinggal para pekerja kasar asal Korea tadi. Jumlah mereka tidak banyak, hanya sekitar 20 orang.

Nah, yang mengerikan pada waktu tahap akhir pengecoran tiang pancang yang menggunakan concrete pump, para pekerja Korea yang sedang istirahat tidur siang disiram berton-ton material beton sehingga terkubur hidup-hidup di tiang pancang Jembatan Suramadu. Konon, mereka dijadikan tumbal bagi ‘penunggu wilayah’ tersebut demi lancarnya pembangunan Jembatan Suramadu.


Selain kisah pekerja Korea tersebut, ada juga cerita lainnya.

Pada pembangunannya di tahun 2004, salah seorang pekerja proyek jembatan terpanjang di Indonesia ini yang bernama Saifut meninggal dunia karena tertimpa beton yang patah. Kecelakaan ini disebut-sebut sebagai permintaan tumbal dari penunggu jembatan ini kalau ingin proyek lancar.

Seperti diketahui, musibah itu terjadi ketika korban yang juga warga Peterongan, Jombang, itu sedang bekerja bersama rekan-rekannya untuk memasang balok beton jembatan sepanjang 40 meter. Pada pemasangan balok keenam, posisi balok kurang tepat sehingga menggeser posisi balok lainnya. Keenam balok jembatan yang patah itu berada di antara pilar keenam dan ketujuh jembatan atau sekitar 150 meter dari sisi Surabaya.


 

5. Misteri di Jembatan Suramadu

pemandangan indah jembatan suramadu nampak dari kejauhan
fotografer: lulusandika

Dibalik keindahan Jembatan Suramadu, ternyata tersimpan berbagai kisah misteri di sana seperti penampakan hantu dan keganjilan lainnya.

Penampakan Sundel Bolong

Pada kasus kecelakaan beruntun di Jembatan Suramadu yang tepat terjadi setahun yang lalu (September 2014), ada kesaksian dari warga yang mengaku melihat sesosok hantu berupa Sundel Bolong di atas jembatan ini 3 hari, kalau tidak salah pada hari kamis malam jumat, sebelum terjadinya kecelakaan.

Sundel Bolong tersebut menyerupai wanita cantik berambut panjang yang sedang memakai baju serba putih. Makhluk halus itu mondar mandir di sekitar gerbang tol Jembatan Suramadu. Bahkan katanya, para pedagang asongan sempat mengabadikannya lewat HP.

Sesuai kepercayaan masyarakat setempat, bila sudah ada makhluk halus menampakkan diri pada manusia, hal itu sebagai tanda bakal terjadinya kecelakaan dalam waktu dekat. Sebelumnya juga pernah ada penampakan makhluk halus, lalu ada kecelakaan. Ini semua berlaku atas kehendak Allah SWT.

Makam yang Digusur

gambar jembatan suramadu
Pemandangan Jembatan Suramadu di malam hari | 1hal.com

“Bila dilihat sejarahnya, sebelum dijadikan Jembatan Suramadu, posisi tolgate merupakan makam besar. Kemudian makam tersebut dipindah untuk pembangunan Jembatan Suramadu,” ungkap Surahman, penjaga Warung 98 di Jembatan Suramadu.

Bahkan, saat pemindahan makam dulu ada salah satu jasad yang masih utuh. Kemudian dipindah ke kuburan yang ada di sebelah barat akses Jembatan Suramadu.

“Sebenarnya kami di sini ingin menggelar doa bersama setiap malam Jumat. Ide ini pernah disampaikan pada Jasamarga, supaya selamat semua, tetapi Jasamarga tidak merespon. Sehingga doa bersama gagal terlaksana,” ungkapnya.

“Kami meminta pada pengguna jalan supaya hati-hati saat melintas di sini, karena rawan terjadi kecelakaan,” tandasnya.

Artikel Terkait: Kisah Utuhnya Jasad Sayyidina Umar

6. Kesimpulan dan Solusi

Terlepas dari segala mitos dan cerita misteri, jembatan yang satu ini patut untuk dibanggakan karena ini adalah jembatan pertama yang menghubungkan dua pulau memiliki penduduk yang cukup banyak di Indonesia, yaitu Jawa dan Madura. Kita juga harus mensyukuri suksesnya proyek ini, karena ketika ide ini dilontarkan oleh Presiden Megawati, sempat mendapatkan berbagai macam cibiran dan kritik yang menganggap bahwa proyek ini pasti akan gagal.

Sedangkan untuk mengatasi berbagai mitos di atas, yang perlu kita lakukan adalah selalu berdo’a memohon perlindungan kepada Yang Maha Kuasa agar tidak diganggu oleh makhluk-makhluk halus tersebut. Ketika hendak melintasi Jembatan Suramadu, khususnya bagi kaum Muslimin, bacalah do’a ini:

اَللهُ أَكْبَرُ – اَللهُ أَكْبَرُ – اَللهُ أَكْبَرُ – { سُبْحَانَ الَّذِي سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ } اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ فِي سَفَرِنَا هَذَا الْبِرَّ وَالتَّقْوَى وَمِنْ الْعَمَلِ مَا تَرْضَى اللَّهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِ عَنَّا بُعْدَهُ اللَّهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِي السَّفَرِ وَالْخَلِيفَةُ فِي الْأَهْلِ اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ وَكَآبَةِ الْمَنْظَرِ وَسُوءِ الْمُنْقَلَبِ فِي الْمَالِ وَالْأَهْلِ

Dibaca: “Allaahu Akbar, Allaahu Akbar, Allaahu Akbar. {Subhaanalladzii sakhkhoro lanaa haadzaa wamaa kunnaa lahuu muqriniina wa innaa ilaa Robbinaa lamungqolibuuun}. Allaahumma innaa nas-aluka fii safarinaa haadzaal birro wat-taqwa waminal ‘amali maa tardhoo. Allaahumma hawwin ‘alaynaa safaronaa haadzaa wathwi ‘annaa bu’dah. Allaahumma Antash Khoohibu fis-safari wal Kholiifatu fil ahli. Allaahumma inniy a’uudzubika min wa’tsaaa-is safari wa kaaabbatil manzhori wa suu-il mungqolabi fil maali wal ahli.” Aamiin

Artinya: “Allah Maha Besar (3X), {Maha Suci Rabb yang telah menundukkan kendaraan ini untuk kami, sedangkan sebelumnya kami tidak mampu. Dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Rabb kami -pada hari kiamat-}

Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kebaikan serta takwa dalam perjalanan ini, kami mohon perbuatan yang Engkau ridlha’i. Ya Allah, permudahlah perjalanan kami ini, dan dekatkan jaraknya bagi kami. Ya Allah, Engkaulah pendamping dalam bepergian serta Engkaulah yang menjaga keluarga. Ya Allah aku berlindung kepada-Mu dari susahnya safar, kesedihan serta buruknya kesudahan pada harta dan keluarga”.

7. Video Perjalanan Melintasi Jembatan Suramadu

Perluas wawasan keilmuanmu: Apa Itu “Sayang”?

12 pemikiran pada “Misteri di Balik Keindahan Jembatan Suramadu

  1. Sepak bola atau lempar jawaban memang kamu rumahnya dimana di legok permai Tangerang untuk tahun 2017 awal bulan april percakapannya.Suara rakyat itu untuk akun HKBP.

Tinggalkan komentar