tips unik

19 Foto ‘Real’ Solusi Unik Masalah Anak Kost yang Bisa Buat Kamu Ketawa

Kita semua pasti pernah merasakan adanya masalah atau hambatan dalam kehidupan sehari-hari, kan?

Nah, apalagi anak-anak kos, di tengah segala keterbatasannya, baik berupa keterbatasan biaya, perabot dan segala macamnya, anak-anak kos, yang rata-rata masih berstatus pelajar atau mahasiswa, terkadang bertemu dengan berbagai macam masalah, sehingga mereka dituntut untuk kreatif dalam menghadapi masalah-masalah yang ada di hadapannya.

Berikut ini adalah 20 kreasi ‘jalan pintas’ yang bisa kamu, anak kost, pakai dalam kehidupan sehari-hari.

1. Nggak Punya Speaker? Kamu Bisa Coba Ini

buat speaker sendiri
sumber; facebook.com

Cara buatnya cukup mudah, bahan yang diperlukan juga mudah didapat.

Siapkan satu roll-an bekas tisu dan 2 buah wadah bekas cairan pembersih. Tinggal lubangi bagian-bagian yang terlihat di gambar di atas. Taraa, kamu sekarang punya ‘speaker‘ sendiri.

2. Pendingin Alami

kulkas alami
sumber; facebook.com

Sayangnya di negara kita ga ada musim salju, yah. Jadi untuk yang ini memang khusus para pelajar yang ada di luar negeri. Jadi, ketika musim salju kamu bisa matikan kulkas untuk menghemat biaya listrik bulanan. Tinggal susun salju-salju yang ada di luar berbentuk persegi dan pindahkan barang-barang yang ada di kulkas ke ‘kulkas alami’ tadi.

3. Isi Galon Gratis

sumber; facebook.com

Kalau di luar negeri, biasanya air yang ada di kran-kran itu aman untuk diminum. Jadi kamu bisa pakai sekalian untuk isi galon-mu. Lumayan kan? Di Indonesia juga sudah banyak lho, tempat-tempat yang menyediakan air kran aman dikonsumsi secara gratis.

4. Hanger Serbaguna

sumber; facebook.com

Kalau cincin pengait yang ada di kamar mandi-mu banyak yang hilang, santai, kamu bisa pakai hanger baju untuk menggantikannya. Praktis, kan?

5. Saringan Jumbo

derita anak kost
sumber; facebook.com

Bagi anak kost apalagi para pria, membeli peralatan olahraga itu lebih penting daripada membeli peralatan masak. Haha. Jadi kamu bisa pakai raket tenis ini untuk meniriskan makanan-mu setelah direbus.

6. Kursi Tamu

sumber; facebook.com

Coba kamu jalan-jalan ke bandara untuk mengecek barang-barang yang sudah tidak terpakai. Bisa jadi kamu dapat ‘oleh-oleh’ kursi pesawat gratis seperti gambar di atas, hehe.

7. Punya Kaus Kaki Hitam yang Bolong? Jangan Beli Baru, Coba Ini

cheat kehidupan
sumber; facebook.com

Punya kaus kaki hitam yang bolong? Ambil spidol-mu, coret bagian kaki yang nampak ketika bolong. Taraa, kaus kaki-mu ‘kembali semula’.

Catatan: Bagi yang Muslim, ketika hendak shalat, harap coretannya dihapus terlebih dahulu.

8. Membawa Pulang yang Gratisan

sumber; facebook.com

Anak-anak kost memang paling suka dengan yang gratisan. Kalau di barat, terkadang di kampus itu disediakan susu gratis yang bisa diminum oleh para mahasiswa. Nah, nggak jarang mahasiswa-mahasiswa yang ‘kere’ itu ‘ngebungkus’ susu gratisan di kampus itu untuk dikonsumsi ketika di kost-an.

Kalau di Indonesia, hal gratisan yang biasanya tersedia adalah saus sambal. Kamu bisa bawa pulang sambal gratisan itu ke kost-an. Biasanya sambal gratisan itu ada di restoran-restoran mahal. Modal kamu cuma dua, yang pertama plastik atau wadah untuk membawa sausnya dan yang kedua adalah membuang rasa malu-mu. Wahaha.

Oh iya, kalau kamu mau, bisa juga kamu bawa pulang makanan prasmanan di pesta pernikahan teman-temanmu. Lumayan, bisa untuk makan seharian.

9. Tempat Sampah Jadi-jadian

sumber; facebook.com

Jujur saja, pasti kamu malas sekali kan, mengeluarkan biaya untuk membeli tempat sampah? Sama. Hehe.

Nah, ini ada jalan pintas, cukup siapkan satu bangku dan plastik. Pasang plastiknya seperti gambar dan jadilah tempat sampah asli buatan kamu sendiri.

10. Cangkir Cantik

sumber; facebook.com

Kamu pasti sudah bosan dengan gelas kaca gratisan dapat dari pembelian deterjen bubuk, ya kan? Coba cara ini.

Modalmu hanya gunting, lem dan 2 botol plastik bekas minuman bersoda. Gunting bagian atas botol dan sambungkan dengan lem dua bagian moncong tersebut. Lumayan, jadi punya cangkir cantik.

11. Solusi Praktis Bagi yang Malas Mencuci Piring

sumber; facebook.com

Pasang satu plastik transparan di atas piring sebelum kamu menaruh makanan yang hendak kamu makan. Maka yang kotor adalah plastiknya dan piringmu tetap bersih mengkilat. Hehe. Praktis kan?

Artikel Terkait: Makanan Khas Jepara yang Paling Fenomenal

12. Sofa-mu Rusak? Ini Solusinya

sumber; facebook.com

Tikus memang paling senang merusak barang-barang kita. Tidak jarang sofa yang sudah mahal-mahal dibelikan oleh orang tua kita pun jadi makanannya. Pastinya kita gengsi juga ya, mau minta lagi sama orang tua. Nah, solusinya adalah taruh kursi plastik di atas sofa yang isinya sudah digerogoti tikus tadi. Sekarang kamu bisa menikmati lagi sensasi duduk di ‘kursi sofa’. Haha.

13. Mau Pesta BBQ Tapi Nggak Punya Panggangan?

sumber; facebook.com

Haha, setiap anak kost yang sudah teruji dengan berbagai problema hidup pasti mempunyai mindset “tidak ada yang tidak mungkin bagi anak kost”. Kamu bisa contoh gambar di atas untuk pesta BBQ kamu.

14. Alternatif Spion Mobil yang Patah

sumber; facebook.com

Kamu cuma harus bisa menguasai tekhnik “muka tembok” sebelum memasang sisir dengan cermin sebagai pengganti spion yang rusak. Wkwk.

15. Pengganti Mesin Mixer

sumber; facebook.com

Kalau kamu nggak bawa mixer untuk mengaduk adonan roti-mu, coba pakai bor!

16. Oven Sederhana

sumber; facebook.com

Ada trik gampang nih kalau kamu mau menghangatkan makanan kamu semalam sedangkan kamu tidak punya oven. Panaskan setrika dan hairdryer, lalu taruh makanan yang ingin kamu panaskan di atas setrika yang dibalik. Supaya lebih cepat matang, panaskan lagi pakai hairdryer.

17. Memotong Rumput sambil Olahraga

sumber; facebook.com

Cocok buat kamu yang malas olahraga. Sekaligus bersih-bersih halaman kost-an.

18. Masak Spaghetti dengan Hemat

sumber; facebook.com

Gas kost-an mu habis tapi kamu mau makan mie atau spaghetti? Kamu bisa pakai pemanas air dengan tenaga listrik di kost-mu untuk memasaknya. Simpel bukan?

19. Nikmati Sensasi Shower Modal Barang Bekas

sumber; facebook.com

Kamu mau merasakan sensasi mandi dengan shower layaknya orang-orang kaya? Bisa! Siapkan selang dan botol bekas. Jangan lupa paku untuk pengganjal.

Pasang paku di bagian yang kira-kira pas untuk ditaruh shower-nya. Kemudian pasangkan satu sisi selang ke arah kran dan satu sisinya lagi disangkutkan ke paku yang sudah dipasang. Nah, botol bekas yang sudah disiapkan tadi bisa kamu bolongi bawahnya sewajarnya saja menggunakan paku panas. Kalau sudah, pasang mulut botol ke sisi selang yang disangkutkan di atas paku tadi. Selamat mencoba!


 

Baca Juga: Inilah Alasan Ilmiah Mengapa Kita Bisa Mimpi

Tinggalkan komentar