Miris, Inilah Jenis-jenis Macan yang Hampir Punah di Indonesia

forcange.com

forcange.com

forcange.com

Macan atau harimau adalah mamalia yang masih termasuk dari keluarga kucing besar bersama singa, jaguar dan sebagainya. Belakangan, di Indonesia ada beberapa jenis macan yang hampir punah. Bahkan kabarnya, ada jenis macan yang sudah tidak ada lagi di alam liar, yakni Macan Jawa.

Berikut ini adalah jenis-jenis macan yang masih terdapat di Indonesia. Mari kita lindungi dengan tidak memburunya karena alasan apapun, baik itu karena mencari taringnya, kulitnya dan lain-lain. Disamping untuk tetap menjaga ekosistem hutan yang ada, melindungi macan juga bermanfaat agar kelak anak-cucu kita masih dapat menyaksikan binatang buas ini.

Macan Tutul Jawa atau Macan Kumbang

rmlnmmp.com

Macan tutul jawa (Latin: Panthera pardus melas) atau macan kumbang adalah salah satu spesies cabang dari keluarga macan tutul yang hanya ditemukan di hutan tropis, pegunungan dan kawasan konservasi di Pulau Jawa. Macan tutul ini memiliki dua variasi warna kulit yaitu berwarna terang (oranye) dan hitam (macan kumbang). Macan tutul jawa adalah satwa indentitas Provinsi Jawa Barat.

Dibandingkan dengan macan tutul lainnya, jenis macan tutul jawa berukuran paling kecil, dan mempunyai indra penglihatan dan penciuman yang tajam. Subspesies ini pada umumnya memiliki bulu seperti warna sayap kumbang yang hitam mengilap, dengan bintik-bintik gelap berbentuk kembangan yang hanya terlihat di bawah cahaya terang. Bulu hitam Macan Kumbang sangat membantu dalam beradaptasi dengan habitat hutan yang lebat dan gelap. Macan Kumbang betina tidak jauh beda dengan jantan-nya hanya ukurannya lebih kecil dari jantan.

gambar macan kumbang

ivanildosantos.blogspot.com

Macan Kumbang sedang berada di atas batu di pegunungan. Jika kita perhatikan lebih seksama, sebetulnya Macan Kumbang berwarna hitam juga mempunyai bintik-bintik seperti Macan Tutul lainnya. Hanya saja karena warnanya yang gelap menjadi lebih sulit terlihat.

 

simomot.wordpress.com

Macan Tutul Jawa bercorak oranye dengan bintik hitam. Populasi Macan Tutul Jawa dengan corak seperti ini lebih sedikit dibandingkan dengan yang berwarna hitam di atas tadi.

 

viva.co.id

Dua bayi Macan Tutul Jawa yang lahir di kebun binatang Jerman. Keduanya diberi nama Srikandi dan Arjuna.

Macan Dahan Kalimantan

bbc.co.uk

bbc.co.uk

Macan Dahan Kalimantan (Neofelis diardi) adalah kucing liar berukuran sedang yang ditemukan di Pulau Kalimantan. Pada tahun 2006, ia dinobatkan sebagai spesies terpisah dari kerabat dekatnya, Neofelis nebulosa.

Nama Bornean clouded leopard (macan dahan kalimantan) diterbitkan oleh WWF pada 14 Maret 2007, mengutip Dr. Stephen O’Brien dari U.S. National Cancer Institute yang mengatakan, “Hasil kajian genetik jelas-jelas menunjukkan bahwa macan dahan kalimantan harus dianggap sebagai spesies yang terpisah”.

Tahun 2008, IUCN mengklasifikasikan spesies ini sebagai spesies yang rentan terhadap kepunahan, dengan ukuran populasi efektif total, diperkirakan jumlah populasi macan dahan kalimantan tidak sampai 10.000 individu dewasa dan terus menurun.

dody94.wordpress.com

Foto Macan Dahan Kalimantan. Terlihat jelas perbedaan motif macan jenis ini dengan yang lainnya.

 

macan dahan

felidsfamily.blogspot.com

Macan dahan sedang mencari mangsa. Mangsa macan dahan biasanya sejenis ular, kera dan mamalia kecil lainnya.

 

wikipedia.org

Sketsa Macan Dahan Kalimantan.

Harimau Sumatera

gambarbinatang.com

Harimau sumatera (bahasa Latin: Panthera tigris sumatrae) adalah salah satu cabang spesies harimau yang habitat aslinya di pulau Sumatera. Ia merupakan satu dari enam subspesies harimau yang masih bertahan hidup hingga saat ini dan termasuk dalam klasifikasi satwa kritis yang terancam punah (critically endangered) dalam daftar merah spesies terancam punah yang dirilis Lembaga Konservasi Dunia IUCN.

Populasi liar yang ada di hutan diperkirakan hanya tinggal sekitar 400-500 ekor, terutama hidup di taman-taman nasional di Sumatera. Uji genetik terbaru telah mengungkapkan tanda-tanda genetik yang unik, yang menandakan bahwa subspesies ini mungkin berkembang menjadi spesies baru, bila berhasil dilestarikan.

Penghancuran habitat merupakan ancaman terbesar terhadap populasi saat ini. Pembalakan liar tetap berlangsung bahkan di taman nasional yang seharusnya dilindungi. Tercatat 66 ekor harimau sumatera terbunuh hanya dalam jangka waktu 2 tahun (1998-2000).

gembiralokazoo.com

Harimau Sumatera di kebun binatang Gembira Loka, Yogyakarta.

 

macan sumatera

viva.co.id

Salah satu ‘souvenir’ dari perburuan liar Harimau Sumatera yang berhasil disita oleh Kementerian Perhutanan Republik Indonesia.


 

Pesan dari para pecinta alam:

greenpeace.org

Mari bersama kita menjaga macan-macan yang ada di Indonesia. Bukan hanya macannya saja, akan tetapi kita juga harus menjaga habitat mereka, yaitu hutan. Sekian semoga bermanfaat.

You Might Also Like

One comment

  1. 1

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>