mukjizat umar bin khattab

Kisah Utuhnya Jasad Sayyidina Umar Setelah 61 Tahun Meninggal

Sayyidina Umar bin Khattab adalah sosok yang cukup terkenal. Bagaimana tidak, beliau adalah salah seorang 4 sahabat utama Rasulullah SAW sekaligus Amirul Mukminin kedua umat Islam.

Nah, rupanya, tercatat di dalam kitab Shahih Al-Bukhari Juz II dalam Bab Janaa-iz bahwasannya ada kisah yang menerangkan kejadian seputar rumah/kamar Sayyidah ‘Aisyah –radhiyallahu ‘anha– yang menjadi makamnya Nabi Shalallahu ‘Alaihi Wasallama, Abu Bakar dan Umar radhiyallahu ‘anhuma.

hadits tentang kisah kematian umar bin khattab
fb.com/baba.naheel

Berikut terjemahan dari kutipan hadits atau atsar tersebut;

Telah menceritakan kepadi kami Farwah.
Telah menceritakan kepada kami Ali.
Dari Hisyam bin Urwah.
Dari ayahnya (Urwah).

“Ketika temboknya (rumah Sayyidah ‘Aisyah) roboh di era Khalifah Walid bin Abdul Malik, orang-orang membangunnya kembali, namun tiba-tiba nampak sebuah telapak kaki, sehingga mereka kaget bukan main. Mereka menyangka bahwa telapak kaki yang terlihat itu adalah milik Nabi Shalallahu ‘alaihi wasallama.

Tidak ditemukan seorangpun saat itu yang tahu telapak kaki siapa itu.

Sehingga kemudian Urwah –radhiyallahu ‘anhu- berkata kepada mereka:
“Tidak, Demi Allah! Itu bukan telapak kaki Nabi Shalallahu ‘Alaihi Wasallama, akan tetapi itu adalah telapak kaki Umar –radhiyallahu ‘anhu-”.


Footnote:

  • Al-Walid bin Abdul Malik adalah termasuk khalifah dari Bani Umayyah. Ia memerintah selama sepuluh tahun (705M-715M).
  • Sayyidina Umar bin Khattab –radhiyallahu ‘anhu- dibunuh oleh Abu Lu’lu’, seorang budak pada saat ia memimpin shalat Subuh. Abu Lu’lu’ ini adalah salah seorang warga Persia yang masuk Islam setelah Persia ditaklukkan Sayyidina Umar bin Khattab –radhiyallahu ‘anhu-.Pembunuhan ini konon dilatarbelakangi dendam pribadi Abu Lu’lu’ terhadap Sayyidina Umar bin Khattab –radhiyallahu ‘anhu-.Abu Lu’lu’ merasa sakit hati atas kekalahan Persia, yang saat itu merupakan negara digdaya, oleh Umar bin Khattab radhiyallahu anhu. Peristiwa ini terjadi pada hari Rabu, 25 Dzulhijjah 23 H/644 M. Beliau dimakamkan bersanding dengan kedua sahabatnya, yaitu Baginda Nabi Shalallahu ‘alaihi wasallama dan Abu Bakar radhiyallahu anhu.

Oleh: Baba Naheel ID

Bagikan Kisah Karomah Umar bin Khattab Ini!

Tinggalkan komentar