Logo Tut Wuri Handayani (FREE DOWNLOAD)

Tut Wuri Handayani – Selamat datang Warga Indonesia!

Sebagai seorang warga kebangsaan dan pelajar di Indonesia, kalian sudah seharusnya punya logo Garuda dan Tut Wuri Handayani. Logo Garuda dan Tut Wuri Handayani adalah 2 logo yang tidak akan bisa dilepaskan dari kehidupan kebanyakan masyarakat Indonesia.

Tapi tahukah kamu, bahwa logo simbol pendidikan ini telah ditentukan langsung oleh Kemendikbud! Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tanggal 6 September 1977, No.: 0398/M/1977 tentang penetapan Lambang Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (sumber: Website Kemendikbud)

Free Download Logo Tut Wuri Handayani

Oke, berikut ini tatacara download logo Tut Wuri Handayani dan logo Garuda Indonesia.

  1. Baca dulu makna logo.
  2. Logo yang bisa kamu download ada di bawah.
  3. Klik kanan pada logo yang ingin didownload.
  4. Pilih “Save Image As..” atau “Simpan Gambar sebagai..”
  5. Simpan gambar di folder yang kamu tentukan.

Makna Tersembunyi dari Logo Tut Wuri Handayani

makna logo tut wuri handayani
kemendikbud.go.id

(1) Bidang Segi Lima Berwarna Biru Muda

Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa bidang segi lima berwarna biru muda yang ada pada logo tut wuri handayani memiliki makna alam kehidupan Pancasila. Biasanya, kita mengabaikan segi lima pada logo-logo karena sudah terlalu sering melihatnya dalam kehidupan sehari-hari.

(2) Semboyan “TUT WURI HANDAYANI”

Semboyan Tut Wuri Handayani adalah semboyan yang oleh Ki Hajar Dewantoro gunakan sebagai semboyan dalam sistem pendidikannya.  Pencatutan semboyan beliau ini menambah penghormatan kepada sosok yang dijadikan sebagai Bapak Pendidikan Indoensai ini.

Di belakang memberi dorongan moral. Inilah makna Tut Wuri Handayani itu. Seorang pemimpin, guru ataupun orang yang lebih pandai atau lebih tahu, hendaknya saat membimbing orang lain bersikap sebagai among (ini bahasa Jawa, bukan Inggris!), yaitu pengasuh.

Jadi yang menjadi fokus dari seorang pendidik adalah yang diasuh. Oleh sebab itu, manakala yang di asuh merasa lemah, merasa tidak mampu, pengemong akan maju memberi dorongan semangat, dukungan moral. Dengan kata-kata, dengan sikap perbuatan. Dengan hati yang penuh cinta.

(3) Belencong Menyala Bermotif Garuda

Belencong merupakan lampu yang biasa digunakan dalam pagelaran wayang. Dengan belencong inilah, pertunjukan wayang akan terasa lebih menarik dan hidup. Sedangkan burung garuda yang menjadi motif dari belencong ini memiliki gambaran sifat gagah perkasa, dinamis, berani dan mampu mandiri mengarungi angkasa yang begitu luas.

Ekor dan sayap garuda digambarkan masing-masing lima, yang berarti: ‘satu kata dengan perbuatan Pancasilais’.

(4) Buku

Buku putih yang terletak di bawah belencong memiliki makna, bahwasannya buku merupakan jendela dunia. Ia adalah sumber dari segala ilmu pengetahuan yang sangat bermankna bagi kehidupan seluruh umat manusia. Buku juga merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan dari dunia pendidikan.

(5) Warna Putih, Biru dan Emas

Warna putih pada belencong dan buku bermakna putih, bersih dan tanpa pamrih alias meminta balas budi. Sedangkan warna biru yang menjadi latar belakang pada bidang segi lima memiliki makna pengabdian abadi dengan memiliki pandangan hidup yang mendalam.

Sedangkan warna emas yang dijadikan sebagai warna api yang ada di belencong memiliki rahasia tersendiri. Makna api belencong emas tersebut berarti keluhuran dan keagungan dalam pengabdian. Begitulah makna tersembunyi yang ada pada logo tersebut.

Download Logo Tut Wuri Handayani Berbagai Jenis

Logo Tut Wuri Handayani 2 | Outline Biru
Logo Tut Wuri Handayani 1 | Outline Biru
Logo Tut Wuri Handayani 2 | mcarmand.blogspot.com
Logo Tut Wuri Handayani 3

Silakan download logo-logo di atas. Gunakanlah logo-logo ini dengan bijak dan jangan sampai menyalahgunakannya.

 

 

Download Logo Garuda Pancasila Berbagai Macam

Logo Garuda 1 | mcarmand.blogspot.com
logo garuda
Logo Garuda 3 | wikipedia.org
garuda
Logo Garuda Pancasila 3 | seeklogo.com

 

Silakan download logo-logo Garuda di atas. Gunakanlah logo-logo ini dengan bijak dan jangan sampai menyalahgunakannya.


 

Semoga postingan ini dapat meningkatkan:

  • Pengetahuan soal logo pendidikan.
  • Kecintaan terhadap Indonesia.
  • Memahami makna tut wuri dan logonya.

Leave a Comment