10 Makanan dan Minuman Khas Malaysia yang Sangat Nikmat

4shared.com

Wisata ke Negeri Jiran Malaysia merupakan suatu pilihan yang menarik. Selain tidak membutuhkan banyak biaya dan kesulitan komunikasi, kita tetap akan mendapatkan sensasi jalan-jalan ke luar negeri.

Normalnya, wisatawan yang berkunjung ke Malaysia bermaksud menghabiskan waktu dengan berkeliling dan menjajal kuliner khas negara tersebut. Walaupun, ada juga sebagian orang, mereka biasanya pecinta alam, yang sengaja datang ke Malaysia untuk mendaki gunung-gunung yang ada di sana.

Artikel terkait: Gunung-gunung Tertinggi di Malaysia

Nah, buat kamu yang udah ada niatan mau datang ke Malaysia, maka mengetahui tujuan destinasi wisata kulinernya adalah sebuah kewajiban yang tidak boleh dilewatkan. Oleh karena itu, berikut kami sajikan 10 kuliner khas Malaysia yang harus kamu coba ketika pergi ke sana.

1. Nasi Daun Pisang

NDP Nasi Daun Pisang

mobiter.net

Makanan khas Malaysia yang pertama ini merupakan jenis kuliner hasil kombinasi resep Melayu dan India. Memang, ras India di Malaysia bisa dibilang cukup banyak sehingga tidak heran apabila kulinernya pun terpengaruh. Meskipun namanya hanya Nasi Daun Pisang, jangan dikira makanan ini sama dengan pecel pincuk khas Madiun yang juga dibungkus daun pisang.

Salah satu ciri khas dari makanan khas Malaysia yang satu ini memang memakai alas daun pisang, namun tidak sebatas itu saja. Daun yang dipakai biasanya adalah daun pisang yang memiliki ukuran ekstra lebar. Sedangkan menu utama yang disajikan adalah nasi ditambah siraman kuah kari khas India yang sangat lezat. Sebagai pelengkap, Nasi Daun Pisang akan lebih sedap dinikmati apabila ditambah lauk tambahan, misalnya sayuran hijau, acar dan daging rendang.

2. Nasi Lemak

nasi lemak aka nasi uduk

healthworks.my

Nasi Lemak adalah kuliner asli Malaysia yang biasanya menjadi buruan nomer #1 oleh para turis dari mancanegara. Ciri khas dari makanan ini adalah aromanya yang sangat menggoda orang-orang yang ada di sekitarnya.

Makanan khas Malaysia ini adalah nasi yang ketika proses pembuatannya direndam pada santan dan baru setelah itu dikukus sampai matang. Inilah resep inti dari aromanya yang semerbak itu. Biasanya, Nasi Lemak akan dikonsumsi dengan lauk daging sapi, ayam goreng maupun tumisan dan sebagainya.

Tekstur dan aromaa dari Nasi Lemak sebetulnya sangatlah mirip dengan Nasi Uduk di Indonesia.

3. Sambal Udang

udangnya sangatlah sedap

mykikicake.com

Sambal Udang bagi sebagian masyarakat Malaysia adalah umpama sambal terasi bagi masyarakat Indonesia. Ya, sebagian dari mereka sangat ketergantungan dengan sambal yang satu ini. Seakan-akan, makan tanpa Sambal Udang seperti hidup tanpa cinta. Hehe.

Memang juga diakui oleh para turis, bahwa sambal yang paling sedap adalah Sambal Udang ini, walaupun ada bermacam-maca jenis sambal lainnya. Cara mengonsumsi Sambal Udang yang paling nikmat adalah dengan nasi yang masih hangat.

4. Nasi Kandar

Nasi kandar namanya mirip sama teman saya

nadai.name

Kuliner Malaysia memang kaya akan ragamnya, tidak jauh berbeda dengan Indonesia tercinta. Selain 3 makanan di atas, ada salah satu kuliner andalan lainnya, yaitu Nasi kandar.

Nasi Kandar hampir mirip dengan Nasi Daun Pisang tadi. Yang membedakan adalah siraman karenya yang khas. Kita diperbolehkan memilih sendiri kare apa yang akan kita konsumsi bersama nasinya. Pembeli juga diperbolehkan memilih kombinasi lauk pauk sendiri seperti telur, daging sapi, ayam goreng dan sebagainya.

Iklan: Jual Booth Portable Murah & Importir Kacang Almond Terpercaya

5. Bubur Century (Bitan)

Bubur bitan dengan telur hitam

couldfront.net

Kuliner khas Malaysia selanjutnya adalah Bubur Century. Secara umum, bubur ini mirip dengan bubur-bubur yang dijual oleh para pedagang bubur keliling di Indonesia. Yang membedakan, ada isian yang sangat khas.

Pada Bubur Century, terdapat toping dengan telur bitan berwarna hitam, yang mungkin bagi orang yang baru melihatnya akan mengira dan merasa jijik dengannya. Tapi jangan sembarangan lho, telur hitam tersebut konon memiliki manfaat bagi kesehatan kita.

Jangan khawatir, telur tersebut adalah telur ayam/bebek biasa yang diawetkan sebagaimana telur asin di tempat kita. Hanya saja, proses pengawetannya bisa mencapai hitungan minggu bahkan bulan.

6.Char Kway Teow

Char Kway mirip dengan makanan Indonesia

happiebb.com

Malaysia memang terdiri dari berbagai macam etnis. Oleh karena sebab itulah, kuliner yang tersedia di sana sangatlah beragam. Ada makanan khas Melayu, Melayu-India dan, tidak ketinggalan, India-Cina.

Char Kway Teow merupakan makanan Melayu yang diadopsi dari chinese food. Mirip dengan Kwie Tiaw di Indonesia, Char Kway sama-sama menggunakan bahan mie pipih yang terbuat dari tepung beras sebagai bahan utamanya. Yang membedakan adalah bumbunya. Bumbu Char Kway lebih didominasi dengan rempah-rempah khas India, sehingga membuat rasa Char Kway semakin tajam dan berkesan di mulut.

7. Mee Siam

Mee siam dan cita rasanya yang unik

mayakitchenette.com

Makanan Malaysia berikutnya adalah makanan bernama Mee Siam, yang oleh pemerintahan Malaysia dilabeli dengan sebutan “Trully Malaysia”. Yup, makanan ini adalah asli dari masyarakat Melayu tanpa kombinasi dari etnis-etnis pendatang.

Meski begitu, rasa dari Mee Siam sangatlah sedap. Makanan ini terdiri dari bihun yang diberi kuah santan yang amat kental. Sedangkan untuk bumbunya, Mee Siam menggunakan bumbu resep rahasia yang membuat rasanya terasa amat gurih, legit sekaligus ada rasa asam dan manisnya.

8. Pasembur

pasembur salad daging

foodsweety.com

Selain makanan-makanan utama, Malaysia juga memiliki makanan semacamsalad yang khas yang dinamakan Pasembur. Mungkin nama tersebut sedikit terdengar aneh untuk sebuah makanan Melayu, ya. Sebenarnya, makanan ini merupakan kombinasi Melayu-India.

Untuk isiannya, dipakai bahan-bahan yang digemari oleh orang melayu seperti kentang dan parutan mentimun yang ditambahkan beberapa jenis daging seafood seperti potongan kepiting goreng, cumi atau makanan laut lainnya yang bisa dipilih sesuai selera. Lalu dimana kombinasi resep khas Indianya? Kombinasi tersebut terdapat dibagian saus kacangnya yang manis.

9. Es Air Mata Kucing

minuman segar air mata kucing

resepbukapuasa.ga

Dari namanya, mungkin kita belum terbayang bagaimana wujudnya. Sebetulnya, minuman ini bukanlah betul-betul terbuat dari air mata kucing, akan tetapi, ia disebut seperti itu lantaran isi dari minumannya adalah buah kelengkeng yang di Malaysia disebut sebagai buah mata kucing. Sudah jelas?

Namun jangan salah, Es Air Mata Kucing ini pada tahun 2011 masuk dalam daftar 10 minuman terenak di dunia versi CNN, lho. Rasa manis dan segarnya sangat sulit untuk diungkapkan dengan kata-kata, maka sebaiknya kamu langsung mencobanya di Malaysia. Oh iya, menurut penelitian, minuman ini juga bisa digunakan untuk meredakan panas dalam.

10. Teh Tarik

Teh tarik minuman khas malaysia

4shared.com

Teh tarik merupakan minuman yang fenomenal dan sangat populer karena rasanya yang menyegarkan. Untuk kuliner yang satu ini, sepertinya sudah bisa kita temui di Indonesia. Namun rasanya pasti akan berbeda, karena proses “tarik-menarik”nya juga sangat berpengaruh pada cita rasanya. Semakin ahli orang yang “menarik”, maka rasanya akan semakin sedap.

Oleh sebab itu, kalau pun kamu sudah pernah mencoba minuman ini di Indonesia, tidak ada salahnya kalau kamu mau membandingkan rasa minuman tersebut di negara aslinya, Malaysia.

You Might Also Like

9 Comments

  1. 1

    Wah mengulas tentang makanan di Malaysia juga rupanya. Hehehe..
    Salam kenal 🙂

  2. 3

    sambal udang malaysia kelihatan enak banget, jadi pengen ke malaysia 😀

  3. 4

    dulu saya pernah bekerja di malaysia, memang benar semua makanan yang ada di Malaysia sedap sedaaap. paling saya suka adalah Nasi ayam.

  4. 5

    pengen nyoba mee siamnya, secara ane penyuka mie mie an

  5. 6

    kalau lagi lapar, semua makanan enak……..

  6. 8

    nasi daun pisang makanan khas Malaysia?
    baru tahu, kirain punya Indonesia tercinta

  7. 9

    kayaknya enak tu es air mata kucing 😀

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>