6 Manfaat Buah Naga Merah bagi Kesehatan Tubuh

bibitmurah.net

Buah naga adalah buah yang asalnya dari negara Mexico di Amerika Selatan. Buah ini dihasilkan dari tanaman yang masih termasuk jenis tanaman kaktus dari marga hylocereus.

Ia disebut sebagai buah naga karena bentuknya yang memiliki sisik-sisik seperti sisik yang ada pada kulit hewan legendaris, naga. Sebagian masyarakat Cina menganggap buah naga adalah buah yang membawa keberuntungan.

Seiring dengan aktivitas globalisasi di zaman modern, penyebaran buah naga sekarang sudah mencapai hampir seluruh dunia. Maka tidak sulit bagi kita untuk menjumpainya di swalayan-swalayan bahkan di pasar tradisional.

Untuk jenisnya, buah naga terbagi menjadi dua, yaitu buah naga merah dan buah naga putih dengan rincian sebagai berikut;

Hylocereus undatus, yaitu buah yang kulitnya berwarna merah dengan daging buah berwarna putih.
Hylocereus polyrhizus, yaitu buah yang kulitnya berwarna merah muda dengan daging buah berwarna merah.
Hylocereus costaricensis, yaitu buah yang kulitnya berwarna merah gelap dengan daging buah berwarna merah ungu.
Selenicereus megalinthus, yaitu buah yang kulitnya berwarna kuning dengan daging buah berwarna putih.

Keduanya sedap untuk dikonsumsi, terutama buah naga dengan daging berwarna putih. Namun, ternyata menurut penelitian modern, buah naga dengan daging merah-lah yang lebih banyak mengandung manfaat bagi kesehatan tubuh.

Sangatlah mudah kalau kamu ingin mengambil manfaatnya untuk kesehatan. Bisa dengan dimakan langsung dengan dipotong-potong terlebih dahulu atau bisa juga dengan dijadikan jus buah yang segar tanpa ditambahkan pemanis apapun.

Berikut ini adalah 6 diantara manfaat buah naga merah untuk kesehatan.

1. Mencegah Timbulnya Jerawat

http://gazettereview.com

http://gazettereview.com

Manfaat pertama yang terdapat di buah naga adalah membantu mencegah atau menghilangkan jerawat pada wajah. Memang, disamping rasanya yang lezat, buah naga juga dikenal sebagai buah herbal yang bagus untuk kulit.

Untuk menghilangkan jerawat dengan buah naga merah, kamu perlu membuat masker wajah dengan bahan buah naga itu sendiri. Caranya cukup haluskan buah naga dengan diblender dengan sedikit air, lalu ratakan jus buah naga tersebut pada wajah. Biarkan sekitar 30 menit baru dibilas dengan air hangat.

2. Mengurangi Kemungkinan Terkena Penyakit Kanker

Mencegah Kolesterol

vitaminretailer.com

Di dalam buah naga terdapat banyak sekali kandungan antioksidan yang dapat menahan tubuh dari berbagai serangan radikal bebas, sehingga kemungkinan terkena penyakit kanker pun berkurang drastis.

Secara umum, antioksidan juga bisa menguatkan daya tahan tubuh sehingga tubuh tidak mudah terkena penyakit.

3. Membantu Mempercepat Program Dietmu

sentulfresh.com

sentulfresh.com

Diantara resep menu sehat untuk diet yang dianjurkan adalah jus buah naga merah. Buah naga dapat dijadikan makanan diet sehat dikarenakan sedikitnya kandungan gula yang ada di dalamnya, disamping itu juga ia mengandung vitamin C yang baik untuk menjaga kesehatam badanmu.

4. Mengembalikan Kesehatan Mata

http://cutebabywallpapers.com/

cutebabywallpapers.com

Buah naga kaya akan kandungan betakaroten, kandungan inilah yang juga banyak terdapat pada wortel. Betakaroten sangat bermanfaat untuk menjaga atau mengembalikan kesehatan mata.

Makanlah buah naga merah setiap hari untuk mencapai hasil yang maksimal.

5. Menurunkan Kadar Kolesterol Berlebih

magraemergente.com

magraemergente.com

Dengan kandungan vitamin B3 yang terdapat di buah naga merah, kamu bisa memanfaatkannya untuk pengobatan penyakit kolesterol.

Kandungan ini juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi yang biasanya apabila tidak segera diturunkan dapat mengakibatkan sering pusing dan mual.

6. Melancarkan Sistem Pencernaan

Kram perut

caraterbarumengatasi.com

Apabila kamu sering mengalami sembelit atau susah buang air besar, mungkin kamu kekurangan mengonsumsi serat.

Cobalah banyak-banyak minum jus buah naga merah, karena di dalamnya kaya akan serat yang dapat membantu melancarkan pencernaanmu. Karena kalau dibiarkan saja perut sembelit, akan mengakibatkan perut yang buncit.

 Itulah tadi beragam manfaat yang dapat diambil dari buah naga merah. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>