Sapi, Hewan Imut Banyak Manfaat

MANFAAT SAPI – Rasanya, hampir seluruh rakyat Indonesia bisa dipastikan mengenal mamalia yang satu ini. Tidak dipungkiri, keberadaan sapi di tengah masyarakat sangatlah sulit untuk dilepaskan. Sapi terlalu dibutuhkan oleh masyarakat, baik dari kalangan ekonomi yang rendah, menengah bahkan atas.

Tentu saja, setiap kalangan memanfaatkan sapi dengan cara yang beragam. Berikut ini kiranya 5 fungsi dari sapi yang biasa dimanfaatkan oleh masyarakat secara umum.

1. Daging Sapi

cara.co.id
cara.co.id

Hampir seluruh orang menyukai daging sapi. Walaupun harganya cukup mahal, hal ini tidak menghalangi selera masyarakat untuk mengonsumsinya. Daging sapi bisa diolah menjadi sangat beragam. Mulai dari sekedar pelengkap makanan, seperti abon, hingga menjadi menu utama, seperti steak.

Rasanya yang sangat nikmatlah yang menjadikan daging sapi sebagai makanan favorit sebagian besar masyarakat kita. Sehingga tidak heran, perayaan Hari Raya ‘Iedul Adha yang tiap tahun kita laksanakan, benar-benar menjadi momen yang sangat membahagiakan. Karena pada saat itu, kita semua bisa menikmati daging sapi.

2. Susu Sapi

thespiritscience.net
thespiritscience.net

Susu sapi atau yang dalam bahasa Inggris disebut dengan milk bisa dibilang minuman ‘wajib’ bagi setiap balita di Indonesia. Walaupun belakangan ini (di dunia maya, khususnya) muncul berbagai kontroversi seputar layak tidaknya susu sapi bagi balita, sebagian besar masyarakat tidak begitu mempedulikannya.

Karena, menurut pengalaman mereka, toh selama ini anak-anak dan dirinya (yang dulu juga mengonsumsi susu sapi) baik-baik saja, tidak seperti yang dibincangkan oleh kalangan anti-susu sapi.

Terlepas dari berbagai kontroversi yang ada, susu sapi segar merupakan salah satu minuman favorit saya. Hehe.

3. Tenaga Sapi

BAJAK SAPI 1

Pemanfaatan tenaga sapi biasanya dilakukan oleh penduduk desa. Sapi biasanya akan dimanfaatkan sebagai alat bajak tradisional atau sebagai penggiling tebu dan sejenisnya. Semakin modern-nya teknologi, pemanfaatan tenaga sapi sebagai ‘mesin’ tradisional sudah mulai ditinggalkan.

4. Klethong (Kotoran) Sapi

google.com
google.com

 

Klethong merupakan salah satu bagian dari sapi yang banyak juga dimanfaatkan oleh masyarakat, utamanya para tukang kebun atau orang-orang yang memiliki bisnis di bidang agro. Klethong biasanya akan digunakan sebagai bahan pupuk organik. Walaupun sedikit mengganggu di hidung, klethong sapi cukup efektif bila digunakan sebagai media penyubur tanaman.

5. Kulit Sapi

divassova.blogspot.com
divassova.blogspot.com

Dipakainya kulit sapi untuk berbagai macam kebutuhan tidak dapat diragukan lagi. Kulit sapi memang sangatlah serbaguna. Kebanyakan produk yang terbuat dari kulit adalah berbahan dasar kulit sapi, sedangkan produk dengan bahan kulit ular, buaya, domba, kelinci dan sebagainya adalah sisanya.

Pada umumnya, kulit sapi biasa dipakai untuk bahan dasar pembuatan dompet, sepatu, tas ataupun ikat pinggang. Namun di daerah saya, Magetan, disamping untuk pembuatan barang-barang di atas, kulit sapi juga diolah menjadi makanan berupa kerupuk kulit. Rasanya tentu saja sangatlah gurih dan sedap.


Magetan memang juga dikenal sebagai salah satu produsen kulit sapi yang cukup terkenal di kalangan perajin kulit. Ngomong-ngomong soal Magetan dan kulit sapi, ada salah satu teman saya yang sedang merintis usaha penjualan kulit sapi dan domba. Kebetulan, ia juga mengambil bahan-bahan tersebut dari daerah saya ini.

Bagi yang berminat untuk memesan kulit sapi, baik dalam partai kecil ataupun besar, Anda bisa langsung cek dan hubungi nomor kontak yang tertera di sini: Jual Kulit Sapi dan Domba.

2 pemikiran pada “Sapi, Hewan Imut Banyak Manfaat

Tinggalkan komentar