Masalah Kecil Ini Bisa Berakibat Fatal Pada Data Center Anda

Masing-masing perusahaan memiliki data center yang digunakan untuk menyimpan semua server dalam ruangan tertentu dengan kondisi yang harus dijaga pula.

Jika  menggunakan data center sendiri adalah pilihan Anda maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan karena resikonya cukup tinggi dibandingkan dengan menggunakan fasilitas collocation.

Resiko-resiko ini biasanya bersifat teknis yang bisa saja luput dari staff maintenance data center namun cukup fatal bila diabaikan.

Oleh karena itulah menggunakan fasilitas data center yang ada di collocation bisa menghilangkan beban resiko ini dari perusahaan Anda.

Kenali resiko-resiko yang mengintai pada data center yang Anda bangun sendiri berikut ini.

Masalah pada saluran air

Saluran air yang baik sangat penting bagi sebuah fasilitas data center. Hal ini ruangan server harus dalam keadaan dingin agar tidak terjadi overheating. Pendingin udara pada ruangan server menggunakan saluran air yang terus disuplai tanpa henti.

Permasalahannya adalah dalam air seringkali terdapat kandungan bahan logam seperti baja, tembaga, dan juga besi yang bisa menyebabkan korosi atau karatan pada bahan material logam lain yang disentuhnya.

Logam-logam yang karatan ini bisa menjadi partikel-partikel yang sangat kecil dan masuk ke ruangan server sehingga menyebabkan kerusakan pada bagian-bagian server yang sensitif. 

Kualitas air pendingin

Untuk mendapatkan suplai air yang akan disalurkan ke saluran pendingin, biasanya sumber air didapatkan dari berbagai titik. Masing-masing sumber air pasti memiliki kualitas yang berbeda-beda, apalagi air sangat mudah mengalami kontaminasi terhadap zat kimia.

Zat kimia yang paling sering terdapat pada air pada saluran pendingin data center adalah klorida, dan amonia. Air juga bisa mengalami kontaminasi apalagi suhunya naik jadi beberapa derajat yang menyebabkan terjadinya reaksi perubahan kimia pada kandungan air pendingin.

Kontaminasi-kontaminasi ini juga bisa menyebabkan masalah pada saluran pendingin fasilitas data center Anda. 

Sumber daya untuk melakukan monitoring

Perihal keamanan data center memang bukan hal yang mudah. Selain harus disertai dengan tenaga IT yang profesional untuk mengatasi berbagai masalah yang sifatnya digital, Anda juga harus memiliki tim khusus yang melakukan monitoring terhadap kelangsungan saluran pendingin air untuk ruangan server.

Yang mesti dilakukan adalah membentuk kontrol pengelolaan air untuk mengurangi resiko penurunan kualitas air yang mengalir ke saluran pendingin ruangan server.

Hal ini terutama penting jika Anda tidak mau operasional Anda menjadi terhambat karena terjadi masalah pada server karena hal teknis. 

Bahaya kebocoran

Anda pasti mengerti bahayanya apabila server yang ada di ruangan data center terkena tetesan air.

Tetesan air tidak hanya disebabkan oleh kebocoran pada saluran pendingin tetapi juga bisa terjadi karena hal lain misalnya kebocoran dari langit-langit karena ruangan server yang tepat berada di bawah toilet atau dapur.

Oleh karena itu pastikan infrastruktur ruang server memiliki lapisan yang kedap air, tidak memiliki celah bagi air hujan masuk ke data center, dan melakukan pemeriksaan rutin untuk mengecek kebocoran pada saluran pendingin atau pada langit-langit dan tembok ruang server. 

Data Center Indonesia – http://www.nexdatacenter.com/

Tinggalkan komentar