Mengenal Infrastruktur di Indonesia

Mengenal Infrastruktur di Indonesia

​Tentunya istilah ‘infrastruktur’ sudah tak lagi asing di era ini. Namun, meskipun sudah tergolong tak asing, rupanya masih cukup banyak dari masyarakat awam tidak mengerti bagaimana atau apa infrastruktur itu sendiri.

Rupanya, pengertian infrastruktur terdiri dalam begitu banyak versi. Salah satunya dikemukakan dalam American Public Works Association bahwa infrastruktur adalah fasilitas fisik yang dibutuhkan atau dikembangkan oleh para agen publik untuk setiap fungsi pemerintahan dalam pembuangan limbah, penyediaan air, transportasi, tenaga listrik, dan pelayanan lain yang tak jauh berbeda guna membantu tujuan-tujuan ekonomi serta sosial.

Maka dari itu, infrastruktur ialah sistem yang dibutuhkan dalam memenuhi kebutuhan dasar manusia di lingkungan sosial dan ekonomi, dan berbentuk fisik.

Mengenal Bagaimana Infrastruktur Nasional

Infrastruktur Indonesia sendiri nyatanya sudah dilakukan sejak dulu dan hingga kini, namun kondisi infrastruktur dalam negeri masihlah kurang memadai.

Hal inilah yang memicu rendahnya daya saing Indonesia dan kerap menjadi salah satu faktor mengapa investor enggan masuk dan menanamkan modal di Tanah Air.

Padahal, tentu seharusnya pemerintah menyadari bahwa infrastruktur memiliki peran penting di dalam pembangunan perekonomian negara. Dan ditilik dari sisi lain, ternyata kemampuan pemerintah di dalam membangun infrastruktur masihlah terbatas.

Karenanya dibutuhkan pihak lain guna mempercepat proses dalam pembangunan infrastruktur Indonesia.

Bagi sebuah kota, terlebih sentral dari suatu Negara, infrastruktur merupakan elemen yang terhitung sangat vital.

Dengan berbagai ragam masyarakat di Indonesia, memang dapat digolongkan adanya masyarakat yang peduli dan tidak akan pembangunan infrastruktur, namun hal ini sudah seharusnya tak seratus persen memengaruhi pembangunan yang sedang dilakukan.

Bagi masyarakat Indonesia yang tak memedulikan akan infrastruktur kemungkinan besar merupakan tipikal masyarakat yang sudah condong atau memilih infrastruktur yang ada.

Buruknya, tidak sedikit dari tipikal masyarakat ini yang sangat acuh tak acuh sehingga sampai merusak fasilitas yang sudah disediakan pemerintah.

Sikap cuek bebek ini dilandasi oleh minimnya pengetahuan tentang dampak infrastruktur terhadap perekonomian Indonesia.

Investor dan Manfaat dalam Infrastruktur

Peran investor terhadap pembangunan infrastruktur sangatlah berpengaruh, beberapa di antaranya yakni agar pembangunan cepat tercapai serta alih teknologi dan juga alih kemampuan dalam manajerial sumber daya manusia.

Salah satu negara yang berinvestasi dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia ialah Jepang.

Dalam pembangunan infrastrukturnya, negara ini memiliki kualitas yang tak perlu diragukan lagi. Hal yang mendasari pembangunan Jepang hingga diakui dunia yakni karena mereka mampu menjaga setiap pembangunan yang tengah dikerjakan.

Salah satu contohnya yakni pada bidang transportasi kereta api, di mana salah satu perusahaan di Jepang menyebutkan bahwa mereka mengedepankan analitis data.

Hal ini diperlukan agar nantinya dapat melihat bagian mana dari pembangunan yang memerlukan perubahan dan bagian mana yang tidak perlu diganti atau diubah.

Manfaat seperti inilah yang bisa kita terapkan dalam penanaman investor di infrastruktur apapun di Indonesia.

Sumber PT Sarana Multi Infrastruktur : Public Private Partnership

Tinggalkan komentar