Pengertian Konsolidasi yang Benar Menurut Ahli

Nettik.net – Pengertian konsolidasi adalah suatu kegiatan yang dikerjakan untuk memperkuat, memperteguh, mempersatukan atau menghubungkan beberapa hal menjadi satu.

Pengertian Konsolidasi dalam Bisnis

Pada kasus perusahaan, konsolidasi umumnya dipahami dengan penciptaan suatu perusahaan baru dengan mengambil alih hak, aset serta kewajiban yang dimiliki kedua perusahaan yang bersatu tadi. Memang, kebanyakan istilah ini ditujukan dalam hal yang berkaitan dengan bisnis. Dengan adanya konsolidasi ini, diharapkan muncul suatu perusahaan yang lebih menguntungkan.

Pengertian Konsolidasi dalam Kelompok Masyarakat

Sedangkan dalam penggunaan pada kelompok-kelompok masyarakat, konsolidasi maknanya penguatan anggota-anggota kelompok tersebut agar semakin erat dan solid. Pada hal ini, makna konsolidasi lebih kepada hal yang berkaitan dengan sosial, berbeda dengan perspektif bisnis di atas.

Pengertian Konsolidasi Tanah

Konsolidasi tanah merupakan istilah yang digunakan dalam sistem bernegara, terutama yang berkaitan dengan kepengurusan tanah. Disebutkan dalam Peraturan Kepala Badan Pertanahan Nasional nomor 4 tahun 1991 bahwa konsolidasi tanah bermakna upaya penataan kembali penguasaan dan penggunaan tanah.

Dengan adanya konsolidasi tanah, diharapkan masyarakat dapat kembali menata kepemilikan dan kepenguasaan tanah dengan aman dan tertib, tidak ricuh. Selain itu juga agar tidak mengganggu pembangungan sarana fisik untuk umum, seperti jalan, rumah sakit dan sekolah.

Pengertian Konsolidasi dalam Akuntansi

Adapun konsolidasi dalam akuntansi memiliki pengertian penggabungan aset, kewajiban, ekuitas dan akun operasional dari suatu perusahaan induk dan sebuah anak perusahaan menjadi satu bentuk laporan keuangan yang disepakati.

Selain itu, bisa juga digunakan untuk penggabungan beberapa perusahaan dalam suatu pembelian, merger maupun pengalihan kepemilikan untuk digabung menjadi suatu perusahaan baru yang diharapkan lebih menguntungkan.

Intisari Pengertian Konsolidasi

Intisari dari pengertian konsolidasi adalah suatu kegiatan yang dikerjakan untuk memperkuat, memperteguh, mempersatukan atau menghubungkan beberapa hal menjadi satu. Konsolidasi bisa dimaknai penguatan anggota masyarakat dalam suatu kelompok.

Istilah konsolidasi juga bisa dipakai pada laporan keuangan perusahaan yang digabung menjadi satu. Walaupun penggunaannya bermacam-macam, namun inti dari konsolidasi adalah suatu kegiatan yang dikerjakan untuk memperkuat, memperteguh, mempersatukan atau menghubungkan beberapa hal menjadi satu.

Leave a Comment