Pengertian Seni Budaya Menurut Ahli beserta Contohnya

wayangku.wordpress.com

Seni dan budaya adalah dua hal yang saling berkaitan dan sangat sulit untuk dipisahkan. Karena di setiap seni pasti mengandung kebudayaan yang khas begitu juga sebaliknya, pada setiap kebudayaan pasti mengandung nilai seni yang indah.

Pengertian Seni

seni budaya merupakan kesenian yang budaya, halah mboh!

mat3jco.deviantar.net

Seni adalah kata serapan dari bahasa Sansekerta yaitu sani. Yang berarti ‘pemujaan, pelayanan dan persembahan’. Sehingga kata tersebut memiliki ikatan erat dengan suatu upacara keagamaan atau biasa kita kenal dengan nama ‘kesenian’.

Sedangkan menurut Padmapusphita, kata seni sendiri berasal dari Belanda (genie) yang memiliki arti ‘jenius’. Itu artinya, menurut Padmapusphita, seni adalah kemampuan bakat yang sudah ada sejak lahir.

Pengertian Budaya

seni budaya

digaleri.com

Kata budaya berasal dari bahasa Sansekerta yaitu buddhayah yang dapat diartikan sesuatu yang memiliki keterkaitan dengan budi dan akal manusia.

Dalam bahasa Inggris, budaya disebut culture yang berasal dari bahasa Latin, colere. Yang berarti mengolah atau mengerjakan.

Pengertian Seni Budaya

contoh seni budaya

fotokita.net

Di bawah ini adalah kumpulan keterangan dari para ahli seni budaya tentang pengertian dan definisi seni budaya.

Harry Sulastianto

Dosen fakultas seni rupa dari Universitas Pendidikan Indonesia ini menjelaskan, seni budaya adalah satu keahlian untuk mengekspresikan ide-ide dan pemikiran estetika, termasuk mewujudkan kemampuan serta imajinasi pandangan mengenai benda, suasana, atau karya sehingga mampu menimbulkan rasa indah yang menciptakan peradaban yang lebih modern.

-selesai kutipan-

Pada pemaparan yang disampaikan oleh Harry S diatas, dapat kita simpulkan bahwasannya seni budaya merupakan satu kesimpulan dari ide dan kreasi yang diaplikasikan ke bentuk seni, dengan tujuan untuk memajukan peradaban dan kebudayaan.

Muhammad Thoyibi

Seni budaya merupakan penjelmaan rasa seni yang sudah menjadi budaya yang termasuk dalam aspek kebudayaan, yang dapat dirasakan oleh orang banyak dalam rentang perjalanan sejarah peradaban manusia.

-selesai kutipan-

Dapat disimpulkan dari keterangan milik M Thoyibi, bahwa yang bisa disebut dengan ‘seni budaya’ adalah satu kebudayaan dalam bentuk kesenian, yang mana kebudayaan tersebut bisa dirasakan oleh banyak manusia baik pada masa lalu, sekarang maupun yang akan datang.

Sartono Kartodirdjo

Seni budaya merupakan sistem yang komperhensif karena seni budaya dapat menjalankan komunikasi efektif, antara lain dengan melalui satu bagian saja dapat menunjukkan keseluruhannya.

-selesai kutipan-

Menurut Sartono Kartodirdjo yang juga merupakan sejarawan, seni budaya adalah suatu wadah untuk mengutarakan sesuatu dengan efektif melalui kesenian. Misalkan dalam beberapa daerah di Indonesia, terdapat satu seni budaya tari yang khusus dimaksudkan untuk menyambut tamu. Dan di daerah lain juga terdapat seni budaya tari yang hanya dilakukan ketika akan pecah peperangan, untuk menyemangati para prajurit.

Ida Bagus Putu Perwita

Seni budaya merupakan penunjang sarana upacara adat.

-selesai kutipan-

Singkat, padat dan jelas. Pernyataan dari Ida Bagus meskipun singkat, namun sangat tepat.  Karena pasti dalam setiap upacara adat yang ada, akan kita dapati upacara-upacara tersebut diiringi dengan satu kesenian. Baik itu benda, tari-menari, musik, pembacaan pantun dan lain sebagainya.

Contoh Seni Budaya yang Terdapat di Indonesia

contoh seni budaya

northwestern.edu

Di sini kami akan memberikan 5 contoh dari ribuan seni budaya yang terdapat di berbagai macam suku di Indonesia.

1. Tari Kancet Papatai

tarian seni

dayakculture.wordpress.com

Tari Kancet Papatai merupakan seni budaya dalam bentuk tari-tarian perang. Tari ini bercerita tentang seorang pahlawan suku Dayak Kenyah yang sedang berperang melawan musuh. Tarian ini juga menggambarkan tentang keberanian para pria atau ajai suku Dayak Kenyah dalam berperang, mulai perang sampai dengan upacara pemberian gelar bagi pria atau ajai yang sudah berhasil mengenyahkan musuhnya.

Gerakan tarian ini sangat lincah, gesit, penuh semangat dan kadang-kadang diikuti oleh pekikan para penari. Kancet Papatai diiringi dengan lagu Sak Paku dan hanya menggunakan alat musik sampe.

2. Tari Saman

tarian saman

ranupatjeh1.blogspot.com

Tari Saman adalah sebuah tarian yang berasal dari Suku Gayo yang biasa ditampilkan untuk merayakan peristiwa-peristiwa penting dalam adat. Syair dalam tarian saman mempergunakan Bahasa Gayo.

Selain itu biasanya tarian ini juga ditampilkan untuk merayakan kelahiran Nabi Muhammad SAW. Dalam beberapa literatur menyebutkan tari saman di Aceh didirikan dan dikembangkan oleh Syekh Saman, seorang ulama yang berasal dari Gayo di Aceh Tenggara.

Tari saman ditetapkan UNESCO sebagai Daftar Representatif Budaya Takbenda Warisan Manusia dalam Sidang ke-6 Komite Antar-Pemerintah untuk Pelindungan Warisan Budaya Tak benda UNESCO di Bali, 24 November 2011.

3. Kain Tenun Lombok

kain tenun lombok, contoh seni budaya

mustangcorps.com

Ini adalah salah satu seni budaya yang berbentuk pakaian atau kain. Selain kain tenun Lombok, banyak juga pakaian khas budaya di Indonesia seperti batik dan sebagainya.

4. Batik

seni budaya paling terkenal

viva.co.id

Kesenian ini sendiri masih terbagi dalam ratusan jenis. Ada batik pekalongan yang terkenal, mega mendung, maduro dan masih banyak lagi.

5. Angklung

contoh alat musik yang masih termasuk seni budaya

emonday.wordpress.com

Setelah tadi terdapat beberapa contoh, mulai dari tari-tarian dan beberapa seni lukis, maka yang satu ini adalah contoh alat musik tradisional yang masih termasuk dari ribuan seni budaya yang ada di Indonesia.

Angklung adalah alat musik multitonal (bernada ganda) yang secara tradisional berkembang dalam masyarakat Sunda di Pulau Jawa bagian barat. Alat musik ini dibuat dari bambu, dibunyikan dengan cara digoyangkan (bunyi disebabkan oleh benturan badan pipa bambu) sehingga menghasilkan bunyi yang bergetar dalam susunan nada 2, 3, sampai 4 nada dalam setiap ukuran, baik besar maupun kecil.

Dictionary of the Sunda Language karya Jonathan Rigg, yang diterbitkan pada tahun 1862 di Batavia, menuliskan bahwa angklung adalah alat musik yang terbuat dari pipa-pipa bambu, yang dipotong ujung-ujungnya, menyerupai pipa-pipa dalam suatu organ, dan diikat bersama dalam suatu bingkai, digetarkan untuk menghasilkan bunyi. Angklung terdaftar sebagai Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi Manusia dari UNESCO sejak November 2010.

You Might Also Like

One comment

  1. 1

    ana ora ngerti maksudnye

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>