Panduan Blogger Pemula: Domain Sebagai Brand

Setelah pada artikel sebelumnya saya mengenalkan secara sekilas tentang domain dan hosting, pada pembahasan kali ini, saya akan sedikit menjelaskan secara khusus peran domain sebagai brand bagi pelaku usaha dan bisnis, atau sekedar ingin mem-branding diri sendiri.

Apa itu Brand?

Secara bahasa, brand berasal dari bahasa Inggris yang artinya merek. Branding berarti artinya pe-merek-an. Tapi, kalau istilah itu dipakai dalam dunia usaha/bisnis, lebih kepada memberikan penguatan kesan untuk sebuah produk/jasa agar lebih mudah dikenal dan diingat.

Contoh simpelnya, di kota Anda ada 3 restoran yang menjual pizza sebagai makanan utama mereka. Rasanya kurang lebih sama, antara satu dengan yang lainnya. Namun, dari ketiga restoran tersebut, hanya Restoran A yang sudah di-branding dengan baik. Namanya lebih mudah diingat, lokasinya sangat nyaman, parkirnya luas, mudah dijangkau, dan pelayanannya juga baik. Sehingga, ketika ada seorang kawan yang meminta Anda untuk mengantar ia ke restoran pizza, Restoran A-lah tujuan pertama Anda, sebelum restoran-restoran lainnya.

Perhatikan, walaupun memiliki rasa yang tidak jauh berbeda dengan yang lain, tapi Restoran A memiliki kesan yang lebih kuat bagi para konsumen. Tentu saja dengan kesan yang kuat ini, pasti jumlah pengunjung yang datang ke Restoran A secara umum lebih banyak daripada restoran pizza lainnya.

Bagaimana Cara Branding Toko/Bisnis Online Anda?

Sebagaimana yang telah disebutkan di atas, branding suatu produk tidak hanya dari 1 segi. Dengan contoh pizza di atas, misalnya, Anda hanya fokus pada rasa saja. Tidak, itu tidak cukup. Anda juga harus memikirkan bagaimana lokasi bisnis, pelayanan, kecepatan, keramahan, dan yang tidak kalah penting juga adalah, nama yang mudah diingat.

Untuk toko/bisnis online, tentu akan berbeda dengan usaha offline seperti restoran di atas. Oleh karena itu, kita akan membahas beberapa hal yang perlu diperhatikan saat ingin branding toko/bisnis yang Anda jalankan di dunia maya.

1. Memilih Domain yang Bagus dan Mudah Diingat

Hal yang paling pertama pengunjung tulis dan perhatikan adalah domain web Anda. Oleh karena itu, sudah menjadi suatu keharusan, bahwa Anda memilih domain yang menarik, berbeda, namun tetap mudah diingat. Jika ada waktu, tidak ada salahnya Anda melakukan voting di Instagram atau Facebook untuk meminta saran dari teman-teman Anda dalam memilih nama domain untuk branding Anda.

Sedikit informasi, terkadang nama domain tidak harus sama dengan nama produk Anda. Adakalanya, nama suatu produk/jasa harus rela dinomordua-kan demi mendapatkan perhatian dari pengunjung.

Contoh riilnya, kalau Anda mencari tentang kursus bahasa inggris di Pare, hampir tidak ada satupun web di halaman pertama Google yang memakai domain nama kursusan mereka. Masing-masing menggunakan keyword kampung inggris (atau yang semisal) untuk nama domain website mereka.

Tapi, jika Anda adalah pelaku usaha yang sudah memiliki konsumen, baik itu dari dunia nyata ataupun sosial media, maka sangat penting bagi Anda memilih domain dengan nama brand Anda. Selain memang sudah dikenal dengan nama itu, menggunakan brand sebagai nama domain pastinya semakin menguatkan brand Anda.

Nah, untuk membeli sebuah domain, ada banyak web jasa penyedia domain. Tapi, untuk Domain Murah, saya merekomendasikan untuk membeli di Niagahoster. Selain menyediakan domain yang murah, masih ada promo yang tak kalah menarik dengan paket hosting yang nggak masuk akal murahnya. Sudah banyak profesional dan pemula yang menggunakan jasa dari Niagahoster ini. Dan jika Anda merasa kurang puas dengan produk ini, mereka berani memberi garansi uang kembali. So, tunggu apa lagi!?

2. Menghadirkan Penjelasan yang Lengkap pada Produk

Ketika Anda memiliki produk yang Anda ingin para pengunjung membelinya, maka pastikan penjelasan produk Anda sangat jelas bagi pengunjung. Karena jika Anda hanya mengandalkan gambar-gambar dengan penjelasan singkat, pengunjung akan banyak bertanya via chat (WA/Email), yang mana akan banyak mengambil waktu Anda.

Selain akan lebih menghemat waktu, dengan memberi penjelasan produk yang lengkap, brand Anda akan semakin kuat, karena pengunjung Anda memiliki pengalaman yang baik saat mengunjungi dan datang ke web Anda.

3. Menyediakan Kontak yang Jelas dan Dapat Dihubungi

Meskipun Anda ingin para pengunjung langsung dapat paham dengan yang Anda jelaskan, namun Anda harus tetap menyediakan kontak yang dapat dihubungi pada jam kerja. Tidak lupa juga alamat tempat usaha dan email Anda agar terlihat lebih bertanggung jawab.

Seminimal-minimalnya, hal ini untuk meningkatkan kepercayaan pengunjung kepada Anda, bahwa memang usaha Anda bukanlah fiktif, dan Anda bukan seorang penipu.

Mungkin 3 hal ini dulu yang bisa saya bagi, kedepannya kita akan membahas hal-hal lain seputar membangun web yang baik. See you!

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.