2 Tips Mendasar Bagi Blogger Pemula

Setelah beberapa tahun memasuki era digital, sekarang ini semakin banyak orang yang berlomba-lomba untuk memiliki website/blog. Baik hanya ingin menyalurkan hobi menulis, ingin memiliki teman-teman baru di dunia maya, atau memang ingin mencari penghasilan tambahan (atau utama, maybe) dari internet. Kesemua hal ini tidak ada salahnya.

Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi 2 tips dasar mengenai apa saja yang wajib diperhatikan bagi kalian yang ingin memiliki website atau blog pribadi. Sebagian mungkin sudah kalian temukan di blog lain, tapi mungkin sebagian lainnya baru kalian ketahui di sini. Jadi, baca perlahan dan seksama, ya!

Nama Domain

Hal pertama yang perlu kalian perhatikan adalah nama domain. Domain itu apa sih? Domain itu bisa dibilang nama web kita. Semisal nettik.net atau satujam.com dan sebagianya. Kata yang dicetak tebal itu, itulah yang disebut domain. Sampai sini, sudah paham kan?

Untuk blog pribadi, kalian bisa pilih dengan nama panjang kalian sendiri, nama panggilan, julukan, atau apalah yang menggambarkan kepribadian kalian. Ini nggak terlalu masalah dengan performa web kedepannya. Toh, untuk blog pribadi, biasanya hanya untuk hobi dan sharing aja, kan?

Sedangkan untuk web yang mengarah ke niche atau tema tertentu, ya tinggal disesuaikan aja. Misalkan ingin mengincar tema tentang binatang, bisa tamanhewan.com, sahabathewan.net, atau cintahewan.org. Memilih domain yang sesuai dengan niche penting supaya lebih user-friendly.

Walaupun untuk pengoptimalan ranking di google nggak terlalu berpengaruh, tapi yang pasti nama domain ini menjadi salah satu daya tarik bagi pengunjung. Silakan posisikan diri kalian sebagai seorang user yang sedang cari informasi mengenai belajar seo di google, misalnya. Lalu ada 2 web teratas yang kalian temukan, yang satu namanya gadgetupdate.com, dan satunya belajarseo.com, mana web yang akan kalian kunjungi terlebih dahulu?

Lain halnya kalau web yang agak random seperti nettik ini ya nggak perlu dipikir macem-macem. Kalian tau, sebenarnya asal usul nama nettik ini cuma karena kebetulan ketika mikir soal nama web, di dekat saya ada sebuah buku tulisannya Kitten. Akhirnya saya balik jadilah nettik. Haha.

Hosting

Jika website/blog itu diibaratkan rumah atau sebuah bangunan, hosting bisa diibaratkan dengan tanah tempat bangunan itu akan didirikan. Artinya, semakin luas tanah yang tersedia, maka semakin leluasa kita ingin membuat model rumah macam apa yang akan kita bangun dan perabotan apa saja yang akan kita isi di dalamnya.

Masih belum keluar dari sebuah pengibaratan, berbagai macam perabotan yang akan kita isi di dalam rumah itu juga bisa kita ibaratkan dengan file yang berpa teks, gambar, atau aplikasi yang akan kita hadirkan di website kita. Jika kita ingin banyak fasilitas tersedia di rumah tapi tanahnya sendiri tidak tersedia, maka itu malah membuat rumah menjadi sumpek. Begitu juga sebuah website.

Bedanya mungkin, kalau di dunia nyata tanah itu bisa kita beli secara permanen dan harganya terus melambung tinggi, hosting di dunia maya justru hanya bisa disewa (bisa pertahun, per 2 tahun, dst), namun harganya tetap, atau bahkan bisa menghadirkan diskon-diskon.

Untuk hosting, sebenarnya, kalian bisa memilih berbagia macam hosting yang tersedia di internet. Cuma, saya kali ini mau merekomendasikan salah satu hosting terbaik di Indonesia untuk pilihan hosting kalian. Selain pastinya untuk komunikasi kalian lebih mudah (karena yang jadi customer service-nya adalah orang Indoensia), kalian juga bisa dapat berbagai diskon dan promo di sini. Langsung aja cek www.hostinger.co.id/web-hosting.

Bisa dibilang, untuk sebuah web hosting dengan fitur lengkap dan bisa dibilang premium, hostinger ini termasuk web hosting dengan biaya termurah yang pernah saya tau. Buat kalian yang masih mau coba-coba dulu, bisa ambil paket web hosting single yang saat ini lagi ada diskon 80%, hanya Rp 9.900 per bulan!

Ada juga opsi lainnya buat para blogger tingkat lanjut dan pebisnis online yang mau buat toko online sendiri yang lagi ada diskon gede-gedean. Cus, langsung aja cek www.hostinger.co.id/web-hosting. Menurut saya, harga yang ditawarkan di hostinger jika dibanding dengan fitur yang diberi, itu jomplang banget. Apalagi kalau dibandingin dengan penyedia jasa hosting lainnya.

2 hal ini adalah basic buat kalian yang mau bangun “rumah” di dunia maya. So, dalam membangun rumah, selain desainnya harus menarik, hal yang nggak kalah penting adalah dimana kalian membangun, dan bahan apa saja yang kalian gunakan untuk membangun “rumah” kalian. Semoga di lain waktu bisa sharing hal-hal lainnya. Tabik!

 

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.